POPULAR STORIES

Lakukan 5 Hal Ini, Agar Helm Tetap Nyaman Digunakan

Lakukan 5 Hal Ini, Agar Helm Tetap Nyaman Digunakan Ilustrasi Helm (istimewa)

KabarOto.com - Helm merupakan salah satu alat pelindung, yang wajib dikenakan oleh pengendara sepeda motor. Fungsi helm sangat vital, untuk melindungi kepala dari segala benturan, yang dapat membahayakan keselamatan.

Sayangnya, banyak pengguna sepeda motor yang kerap mengabaikan perawatan helm, sehingga menyebabkan helm menjadi tidak nyaman saat dikenakan, seperti muncul bau tak sedap misalnya.

Padahal, menjaga agar helm dalam kondisi baik, tetap nyaman saat digunakan ternyata tidak susah.

Nah, Dean Ananta, pemilik Brightmax Helmet and Apparel Care akan kasih tips bagaimana agar helm dapat selalu dalam kondisi yang baik. "Ada beberapa perlakuan yang harus diperhatikan," ucap Dean yang bermarkas di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Apa saja? Ini dia penjelasannya:

1. Gunakan Balaclava

Ilustrasi pengunaan balaclava

Ada kebiasaan biker yang dapat mengurangi kenyamanan helm, yakni menggunakan helm saat rambut masih dalam kondisi basah atau berkeringat. Hal ini bisa menyebabkan busa di dalam helm, akan cepat timbul bau yang kurang sedap.

Untuk mencegahnya, biasakan pakai balaclava untuk menutupi kepala sebelum menggunakan helm. Pilih saja bahan yang tidak panas dan tingkat kelenturannya baik. Balaclava bisa berfungsi sebagai penyerap keringat agar tidak kontak langsung dengan busa lapisan helm.

2. Jangan Langsung Taruh Sarung

Perlu diingat, jangan biasakan langsung menyimpan helm yang baru dipakai mengunakan sarung helm. Hal ini tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan keringat atau pun kotoran selama di jalan.

Risikonya, membuat helm menjadi lembab hingga timbulnya jamur, karena udara yang terperangkap di dalam sarung. Dalam jangka panjang, udara yang lembab dapat merusak lapisan busa helm.

3. Beri Sirkulasi Udara

Setelah digunakan, sebaiknya helm diletakkan di tempat yang aman, dengan posisi kaca dibuka agar sirkulasi udara terjadi. Apabila dirasa kurang, bisa dengan cara meletakkan helm secara terbalik, dengan sebelumnya dialasi bahan yang lembut, agar cat helm tidak tergores.

Hal ini di lakukan untuk menghilangkan sisa-sisa keringat yang menempel pada busa helm. Tapi dalam melakukan hal ini, pilih tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

4. Langsung Bersihkan

Biasakan setelah berkendara dalam kondisi hujan, langsung buru-buru bersihkan helm. Air hujan bisa menjadi biang keladi kerusakan helm. Kadar keasaman air hujan dapat mengakibatkan helm dan visor helm mudah jamuran.

Untuk mengatasinya, hanya perlu membersihkan sisa-sisa air hujan yang masih menempel di helm dan kaca helm, cukup dengan mencucinya pakai air dan sabun cair, setelah itu lap hingga kering.

5. Beri Wax

Penampilan helm kesayangan tentu akan terganggu, bila terdapat baret atau goresan bahkan catnya menjadi kusam. Menghindari hal itu, Dean menyarankan agar helm juga perlu rutin untuk diberi lapisan wax, agar selalu mengkilap, saat disimpan maupun ketika akan digunakan.

Satu lagi, saat menyimpan helm juga bisa menggunakan air purifier khusus helm, agar bagian dalamnya dapat terhindar dari bakteri dan mencegah timbulnya jamur.

Air purifier khusus helm

Baca juga: Ntorq 125, Skutik Canggih Dengan Segudang Fitur Buatan TVS

Dengan melakukan cara-cara tersebut, setidaknya helm akan lebih awet, dan tetap terjaga kebersihannya sehingga nyaman dipakai setiap saat. Tidak ada lagi alasan tidak menggunakan helm saat berkendara. Selamat mencoba!