POPULAR STORIES

Lakukan Ini Untuk Perawatan Aki Motor Selama Tidak Digunakan

Lakukan Ini untuk Perawatan Aki Motor Selama Tidak Digunakan

KabarOto.com - Saat kondisi pandemik virus Corona atau Covid-19 seperti sekarang, tentu banyak Sobat KabarOto yang selalu #DiRumahAja sesuai anjuran pemerintah. Namun, setelah lebih dari satu bulan berdiam diri di rumah kendaraan ikut berdiam di garasi.

Tak hanya mobil, sepeda motor juga jadi kendaraan favorit Sobat KabarOto. Walaupun sekarang jarang digunakan, kondisinya harus tetap terjaga jadi jika sewaktu-waktu akan digunakan tidak terjadi masalah.

Salah satu komponen penting yang perlu dijaga yaitu aki. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan energi listrik dan digunakan untuk menghidupkan mesin. Nah, agar kualitas aki tetap baik, PT Astra Honda Motor (AHM) memberi berbagai saran yang bisa dilakukan Sobat KabarOto di rumah.

Baca Juga: Ternyata Skutik Honda Beat Sudah Ada Sejak 1983

1. Panaskan mesin sepeda motor di rumah tanpa harus dikendarai. Hal ini penting untuk menjaga kualitas aki maupun mesin. Sobat KabarOto bisa panaskan secara berkala satu hari sekali.

"Sebaiknya memanaskan sepeda motor selama 3-4 menit untuk menjaga kualitas aki, sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik," ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT AHM.

2. Kalau ada pemasangan aksesori atau part modifikasi yang menggunakan energi listrik seperti lampu, klakson dan lain-lain, perhatikan juga saat melakukan pemasangan. Tambahkan sekring tersendiri untuk menghindari korslet atau terputus arus listrik di sepeda motor.

Baca Juga: Honda Jawa Timur Donasikan Rp3,1 Miliar Tangani Covid-19

3. Bagi Sobat KabarOto yang memiliki sepeda motor menggunakan aki basah, lakukan pengecekan berkala terhadap jumlah debit air aki.

Komponen aki memiliki tanda batas jumlah debit air aki atau disebut upper lower. Kalau jumlah debitnya kurang maka harus ditambah sampai sebatas garis upper yang tertera.

4. Kalau Sobat KabarOto merasakan masalah aki seperti soak, jangan langsung beli aki baru. Cek terlebih dahulu sistem pengisian daya listriknya.

"Sering terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistem pengisiannya disepeda motor," lanjut Endro.

Lakukan beberapa tips tersebut agar aki sepeda motor milik Sobat KabarOto bisa terjaga walaupun jarang digunakan.