POPULAR STORIES

Ternyata Skutik Honda Beat Sudah Ada Sejak 1983

Ternyata Skutik Honda Beat Sudah ada Sejak 1983

KabarOto.com – Jika kita mendengar nama Honda Beat pasti langsung terbayang sebuah motor matik kompak, yang sangat banyak populasinya di jalan. Motor ini memang paling cocok dipilih sebagai kendaraan harian, harga terjangkau serta irit jadi alasan paling kuat.

Namun apalah kalian tahu? Ternyata Honda Beat itu pernah ada loh tahun 1983. Lalu apakah bentuknya mirip seperti sekarang? Jawabannya tidak, terkesan futuristik ketimbang yang kita tahu beredar di jalan.

Honda FC50 atau Beat, dilahirkan pada tahun 1983. Soal desain bisa dibilang sangat unik, bodi dibuat lebar seperti fairing dengan lekukan kaku khas pada masa itu, 2 buah lampu utama dengan gril tengah, ditambah windshield namun berada dibawah stang. Serta terdapat detil layaknya insang hiu di samping. Jika diperhatikan lagi sekilas mirip Harley-Davidson Road Glide yah sob.

Baca Juga : Mengenal Honda Beat Versi Roda Empat

Lekukan kakunya berlanjut hingga sisi samping, bahkan sampai joknya. Motor ini sendiri dibuat dalam 3 pilihan warna yakni hitam dan merah dengan pelek emas, dan putih pelek putih. Kalau melihat model bentuk knalpotnya pasti tahu dong mesinnya berapa tak?

Beat ini menggunakan mesin AF07E 2 tak, berkapasitas 50 cc, Variable Torque Amplification Chamber System (V-TACS), 1 silinder dengan sistem pendingin cairan. Memiliki tenaga 7,2 dk dan disambung ke transmisi CVT. Kecepatan maksimalnya hanya 60 kpj, dan berat kering motor ini hanya 60 kg.

Baca Juga : Honda City Turbo, Mungil Namun Ganas

Sementara panel spidometer yang memiliki bentuk segi enam itu menunjukkan putaran mesin, kecepatan, temperatur mesin, bensin, panel sein, lampu, dan indikator oli. Harganya dulu terbilang mahal yakni 159,000 yen, kalau sekarang sekitar Rp 22 jutaan.