Mengenal Honda Beat Versi Roda Empat

Mengenal Honda Beat Versi Roda Empat

KabarOto.com – Kalau kita mendengar nama Honda Beat, pasti yang terbesit adalah sebuah motor matik kecil yang banyak populasinya dijalan, atau bahkan ada di garasi rumah kalian. Tapi apa kalian tahu? Sebelum nama Beat terkenal sebagai motor, dulunya Beat merupakan sebuah mobil loh.

Penasaran seperti apa bentuk Honda Beat mobil?

Baca juga : Selebritis Ini Kena Demam Honda Civic Estilo

Jadi Honda Beat mobil sejatinya merupakan sebuah kei car yang diproduksi antara tahun 1991 hingga 1996. Mobil ini terbilang cukup special untuk Honda, didesain oleh Pininfarina Beat merupakan salah satu mobil yang disetujui pembuatannya oleh pendiri Honda, Soichiro Honda sebelum ia meninggal tahun 1991.

Selain itu, kehadiran Beat jadi sebuah terobosan baru Honda saat itu setelah rilisnya NSX, dimana kalau dilihat dari eksteriornya mobil ini memang sangat unik, roaster namun memiliki bodi mungil. Desainnya cukup sporty pada masanya, kap depan besar, headlamp memanjang hingga bagian fender, memiliki 2 pintu dengan lubang udara samping, hingga atap soft top.

Baca juga : Sangar, Honda CB1000R Disulap Jadi Cafe Racer Ala Spanyol

Masuk ke interiornya, Beat menggunakan jok bahan fabric dengan motif zebra dan mempunya fitur cukup minim, namun memadai seperti airbag, AC, stabilizer depan, dan speedometer analog sudah jadi standar mobil ini.

Hal menarik lainnya terdapat pada jantung mekanisnya, yang diletakkan di tengah. Dengan kode mesin E07A MTREC, naturally aspirated, konfigurasi 3 silinder memiliki individual throttle body, berkapasitas 656 cc, yang disambung ke transmisi manual 5 percepatan untuk menggerakkan roda belakang. Memiliki tenaga sebesar 63 dk dan mampu mencapai kecepatan maksimal 135 kpj.

Dulunya Honda Beat ini dijual secara eksklusif di Honda Primo, dan berhasil terjual sebanyak sekitar 33.600 unit selama masa produksi hingga akhir produksinya di tahun 1996. Model ini jadi basis dari Honda S660 yang sekarang kita kenal.

Oh iya, Honda Beat ini juga sempat mendapat rekor dunia juga loh, pada 9 Mei 2010, para pemilik Honda Beat berkumpul di Twin Ring Motegi untuk melakukan parade. Menjadikannya parade terbesar mobil Honda yang disertifikasi Guiness World Record.