Honda City Turbo, Mungil Namun Ganas

Honda City Turbo, Mungil Namun Ganas

KabarOto.com – Desainer mobil Jepang memang memiliki segudang ide model yang sangat unik, terutama yang sudah model lawas.

Tak terkecuali Honda City, seperti yang kita tahu bahwa City yang kita kenal adalah sebuah medium sedan. Namun apa sobat KabarOto pernah melihat City dengan bentuk Hatchback dan mesin dilengkapi turbo?

Baca Juga : Luar Biasa! Mesin Pemotong Rumput Ini Punya Kecepatan Hingga 242,99 Kpj

Nah ternyata di era 80-an, berkisar antara 1982 hingga 1986, Honda pernah membuat mobil hatchback mungil bernama Honda City Turbo II. Dimana City ini memiliki dimensi kompak 2 pintu, dan sangat berbeda dengan yang kita tahu sekarang ini.

Ide awal pembuatan mobil ini adalah buah pikiran Hirotoshi Honda, anak pendiri Honda, Soichiro Honda. Saat membuat mobil ini, Hirotoshi membuatnya dari basis mobil yang tidak terpikirkan akan menjadi mobil kencang sebelumnya, lalu dengan bantuan Mugen jadilah projek Street Rocket ini. Hal tersebut disambut baik oleh Honda hingga pada akhirnya diperkenalkan City Turbo pada September 1982.

Baca Juga : Selebritis Ini Kena Demam Honda Civic Estilo

Pada November 1983, Turbo II yang lengkap dengan intercooler, throttle body lebih besar, modifikasi inlet manifold, dan sebagainya, yang menjadikannya mendapat julukan “Bulldog” turut dijual oleh Honda. Sayangnya, City Turbo ini memiliki tahun edar yang cukup sebentar, mulai dari 1984 hingga 1986 saja.

Memiliki mesin CVCC-II SOHC ER 4 silinder dengan kapasitas 1.231 cc, lengkap dengan bantuan turbocharger garapan IHI RHB51 yang cukup ringan dan kecil, namun mampu mendongkrak tenaganya sampai 108 dk @5.500 RPM, dan torsi maksimal 160 Nm @3000 RPM. Lalu tenaga tersebut disalurkan oleh transmisi manual 5 percepatan ke roda depan. Menghasilkan akselerasi dari 0-100 kpj hanya dalam 8,6 detik dan kecepatan maksimal 175 kpj, hal ini juga didukung oleh bobot mobil yang tidak terlalu berat, yakni hanya 735-745 kg saja saat keadaan kosong.

Pada masanya, City Turbo II dijual dalam 3 pilihan berbeda, ada Quartz Silver Metallic, Greek White, dan Tonic Blue Metallic. Oh iya, kalau membeli City Turbo ini, nantinya kita juga akan mendapat sebuah Motocompo juga loh yang ditempat di bagasi City, jadi beli mobil plus motor kecil.

Bagaimana menurut kalian? Kalau zaman sekarang beli mobil dapat motor pasti laku yah sob.