POPULAR STORIES

Lakukan Ini Usai Mobil Digunakan Mudik Lebaran

Lakukan Ini Usai Mobil Digunakan Mudik Lebaran Pengecekkan kendaraan usai digunakan mudik perlu dilakukan (Foto Ilustrasi:Kipli)

KabarOto.com - Usai mobil digunakan mudik, yang harus Anda lakukan adalah memeriksanya. KabarOto akan memberikan informasi pengecekkan bagian ke daraan, agar kondisinya tetap prima.

"Sebaiknya untuk melakukan servis menyeluruh hingga melakukan tune up mobil bila diperlukan, agar performa mesin tidak menurun. Sehingga perjalanan pulang kampung tetap lancar dan mobil kembali fit setelahnya," ujar Gerry Geovan, Owner Shop n Drive Pamulang, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Persneling Keras Saat Pindah Gigi Pasca Mudik Lebaran Idul Fitri? Cek Bagian Ini

Mesin mobil harus diperiksa usai dipakai mudik (Foto: KabarOto)

Harus dilakukan adalah mencuci mobil. Tak hanya bagian eksterior, interior juga tak boleh luput dari pembersihan. "Bisa menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan interior, agar debu dan kotoran yang menempel pada karpet dan jok bisa terangkat," katanya.

Kemudian emeriksa kualitas oli mesin. Dikhawatirkan terjadi kebocoran, membuatnya menjadi berkurang.

"Oleh sebab itu jika kondisi mesin dirasakan tidak normal sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel rekomendasi, untuk cek kondisi pelumas mesin, girboks dan cairan lainnya," terang Gerry.

Mengapa harus di cek dan ganti oli jika diperlukan? Menurutnya karena perjalanan yang ditempuh dalam jangka waktu lama, biasanya akan membuat setiap komponen terus bergesekan secara terus-menerus.

"Tak heran jika hal ini membuat oli lebih mudah kotor dan berkurang sehingga fungsi oli mesin sebagai pelumas bisa menurun kualitasnya," imbuhnya.

Selain pemeriksaan pada mesin, lihat juga apakah sistem pendinginnya berfungsi secara normal guna menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan mencegah mesin menjadi overheat.

Bisa dimulai dengan memeriksa volume air di tabung reservoir, hingga kondisi dan kualitas air radiator.

"Pastikan juga Kipas radiator, Termostat hingga slang pendingin serta kelistrikannya berfungsi agar sistem pendinginan pada mobil bekerja optimal," katanya.

Baca Juga: Beberapa Poin Sepeda Motor yang Wajib Dicek Pasca Mudik Lebaran Idul Fitri

Langkah lainnya adalah mengecek ulang tekanan angin ban. Apalagi saat mudik selain banyak penumpang juga bawa barang lebih banyak dari biasanya. Untuk tekanan angin ban ukurannya bisa dilihat di pintu mobil bagian depan.

"Selain ukur ulang tekanan angin ban, periksa juga semua kondisi ban termasuk ban cadangan. Bila ban mobil sudah aus ataupun mengalami kebocoran, disarankan untuk mengganti dengan ban baru agar tidak membahayakan saat kendaraan digunakan," terangnya.

Terakhir jika masih ada waktu sebelum lakukan aktivitas harian ada baiknya lakukan wheel alignment, balancing sekaligus cek kondisi rem. Sebab prosedur penyesuaian posisi roda pada mobil agar terhindar dari kecelakaan dan mendapatkan kenyamanan dalam berkendara.