POPULAR STORIES

Lamborghini Rayakan 50 Tahun Espada Dan Islero

Lamborghini Rayakan 50 Tahun Espada Dan Islero Salah satu duo ikonik Lamborghini, Islero (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Pabrikan mobil supercar yaitu Lamborghini merayakan 50 tahun peluncuran model klasiknya, yaitu Lamborghini Espada dan Lamborghini Islero. Kedua mobil bersejarah ini mulai memasuki produksinya pada tahun 1968 lalu.

Baca Juga: Lamborghini Gallardo Milik Bintang WWE Dijual Rp1,95 Miliar

Lamborghini Espada merupakan mobil dengan model 4 bangku, yang dibekali mesin V12 berkapasitas 3.9 L untuk menyediakan tenaga sebesar 321 dk. Desain mobilnya memang tidak seperti sportscar maupun supercar, karena untuk memudahkan keluar masuk kabin belakang.

Meskipun demikian, Lamborghini Espada merupakan salah satu mobil tersukses Lamborghini. Selama 10 tahun, Lamborghini Espada berhasil terjual lebih dari 1.200 unit yang dibagi menjadi 3 model (S1, S2, dan S3).

Kemudian untuk Lamborghini Islero merupakan mobil dengan model 2+2 dan merupakan pengganti Lamborghini 400GT dan 350GT. Mesinnya sama dengan Lamborghini Espada yaitu V12 3.9L bertenaga 321 dk. Lamborghini Islero mengadopsi tampilan yang lebih elegant dari Carrozzeria Marazzi.

Namun mobil ini hanya diproduksi selama 2 tahun dengan jumlah 225 unit, sebelum digantikan Lamborghini Jarama (desain seperti Lamborghini Espada).

Polo Strorico yang merupakan divisi restorasi dari Lamborghini sedang mempersiapkan Lamborghini Espada maupun Lamborghini Islero, untuk dipamerkan pada ajang Techno Classica mendatang di Jerman.