POPULAR STORIES

Lampu Motor Mati Padahal Bohlam Tak Putus, Ternyata Ini Sebabnya

Lampu Motor Mati Padahal Bohlam Tak Putus, Ternyata Ini Sebabnya Foto: Kipli

KabarOto.com - Kejadian lampu mati atau bohlam seperti putus pada motor Sobat Kabaroto tentu membuat perasaan tak aman. Selain karena penerangan jadi tak efisien di malam hari, motor kita juga berisiko kena tilang. Gawat!

Proyektor 'KW' tak awet (Foto: Kipli)

Setelah dicek pada bohlam dan kelistrikan, semua nampak normal, lalu apa sebabnya? "Terdapat 2 kemungkinan jika bohlam tak rusak namun enggan menyala, pertama reflektor sudah tak layak pakai, kedua fitting lampu juga sudah rusak," kata Budi dari JMS, Jl. Daan Mogot Raya KM 3 no.33 (Stasiun KRL Pesing), Jakarta Barat.

Baca Juga: Motor Sobat Kabaroto Bergetar Hebat? Mungkin Ini Penyebabnya

Proyektor orisinal, lebih mahal sedikit namun jauh lebih awet (Foto: Kipli)

Jebolan akademisi Yamaha dan Suzuki itu juga bilang jika sudah demikian, maka mau tak mau lebih baik diganti yang baru. "Lebih baik pakai produk orisinal, memang lebih mahal sedikit namun jauh lebih awet. pendaran sinar dari bohlam pun bakal lebih fokus ketimbang pakai part kw," ujar pemukim kawasan Pesanggrahan, Jakarta Barat itu.

Menurut pria berkumis itu, letak inti dari sebuah proyektor ada di lubang bohlamnya itu sendiri. "Pabrikan sudah membuat lubang dan fitting bohlam dengan mesin yang presisi, itu yang tidak bisa ditiru oleh part kw," imbuh pria asal Purbalingga itu.

Siapkan kocek di kisaran Rp 30 ribu untuk fitting lampu dan Rp 110 ribu untuk proyektor motor Honda Supra X generasi awal. "Pastinya untuk motor yang lebih baru, harga bisa lebih mahal lagi," tutupnya.