Motor Sobat Kabaroto Bergetar Hebat? Mungkin Ini Penyebabnya

Motor Sobat Kabaroto Bergetar Hebat? Mungkin Ini Penyebabnya Foto: Kipli

KabarOto.com - Motor jadi salah satu transportasi mayoritas pilihan masyarakat Indonesia, selain cepat juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi saat menggunakannya. Tetapi jika kondisinya tidak laik jalan, pasti kita pun tak nyaman menungganginya.

Contohnya seperti ketika penyakit bergetar hebat menjangkiti motor kita hingga terasa sampai tangan, kaki bahkan badan. Tentunya hal ini bukan masalah yang bisa disepelekan, karena bisa berujung fatal dijalan.

"Penyakitnya ada 3, bearing roda (laher), pelek, atau baut pengikat mesin kendur. Kita harus cek satu persatu untuk memastikan," ujar Budi pemilik bengkel JMS, Pesing, Jakarta Barat.

Baca Juga: Bahaya! Jangan Cuci Mesin Saat Panas, Ini Sebabnya

Nah, yang paling lazim adalah pelek yang sudah apkir atau peyang dan bearing yang sudah aus atau rusak. Mau tidak mau, satu-satunya cara adalah menggantinya dengan yang baru.

"Beli pelek seken juga tidak bisa dijamin kualitasnya, malah buang-buang uang jika akhirnya sama dengan yang lama (rusak)," imbuh pria yang berdomisili di kawasan Maruya, Jakarta Barat.

Kalau sudah begitu, siapkan kocek Rp 180-200 ribu untuk menebus satu buah pelek jari-jari berukuran 17 inci, jangan lupa mengganti bearing agar kaki-kaki kembali sempurna dan setel jari-jari.