POPULAR STORIES

Land Rover Defender 130 Meluncur, Hadir Dengan Konfigurasi 8 Tempat Duduk

Land Rover Defender 130 Meluncur, Hadir dengan Konfigurasi 8 Tempat Duduk Sumber Foto : Land Rover

KabarOto.com – Pabrikan mobil asal Inggris, Land Rover resmi meluncurkan Defender 130. Kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini menawarkan ruang kabin luas dengan konfigurasi 8 tempat duduk.

Setelah versi 90 dan 110 resmi hadir di pasaran, Land Rover meluncurkan versi 130. Varian 130 merupakan model terpanjang dari sebuah Defender. Angka 130 merupakan indicator dari sumbu rodanya yang berarti 130 inci.

Secara tampilan, tidak ada perbedaan dengan varian lainnya. Tetapi, pada bagian samping terlihat SUV ini hadir lebih panjang.

Baca juga: Alpina B3 Dan D3 S 2023 Resmi Mengaspal

Defender 130 warna Pangea Green

Dengan sumbu roda lebih panjang, tentu varian 130 menawarkan ruang akomodasi lebih baik untuk kursi baris ketiga. Sehingga memberikan SUV tangguh ini memiliki konfigurasi kursi 2+3+3. Selain itu, ruang kargo juga memiliki ruang penyimpanan hingga 2.291 liter saat kursi baris kedua dan ketiga dilipat. Dalam konfigurasi lima kursi, Defender 130 ini memiliki kapasitas bagasi 1.232 liter.

Pihak Land Rover klaim mengatakan, kursi baris ketiga ini dapat menampung penumpang dewasa hingga tiga orang dengan ruang kepala yang luas. Tidak hanya itu, setiap baris mendapatkan ventilasi AC yang dapat diatur suhunya masing-masing dengan climate control four zone.

Perlengkapan standar Defender 130 2022 ini mencakup layar infotainment 10,25 inci dan instrument kluster 11,4 inci. Adapun sistem Cabin Air Purification Plus untuk menghilangkan bau dan virus.

Baca juga: Manhart Bikin Land Rover Defender Makin Tangguh Di Trek Off-road

Kursi baris ketiga dapat menopang penumpang dewasa dengan nyaman

SUV ini hadir dalam beberapa pilihan mesin, untuk trim P300 mengandalkan unit 6 silinder mild-hybrid turbocharged 3.000 cc dengan keluaran tenaga 296 dk dengan torsi 470 Nm. Lalu, trim P400 menggunakan mesin yang sama seperti P300 namun lebih bertenaga, menghasilkan tenaga 395 dk dengan torsi 550 Nm berkat penggunaan unit turbo lebih besar dan setting ECU.

Tenaga mesin tersebut disalurkan ke semua roda melalui sistem all-wheel-drive (AWD) Land Rover dan disambung ke transmisi otomatis ZF delapan percepatan.

Untuk pasar Amerika Serikat, Land Rover Defender 130 hadir dalam beberapa varian yaitu First Edition, HSE, X-Dynamic SE, X-Dynamic HSE, dan X. Lalu, SUV ini memiliki tiga pilihan warna yaitu Fuji White, Sedona Red, dan Pangea Green. Bicara soal harga, untuk pasar Amerika Serikat dimulai dari USD68.000 atau setara Rp 991 jutaan.

Warna Sedona Red