POPULAR STORIES

LCGC Dan Mobil Listrik Akan Diminati Masyarakat Indonesia Tahun 2024

LCGC dan Mobil Listrik akan Diminati Masyarakat Indonesia Tahun 2024 Mobil listrik Wuling Binguo (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Tahun 2024, mobil segmen Low Cost Green Car (LCGC) dan listrik diprediksi akan diminati masyarakat Indonesia, menjadi model terlaris. Hal itu disampaikan pengamat Otomotif LPEM Universitas Indonesia, Riyanto.

"LCGC masih diminati, terutama untuk pemilik mobil pertama dengan dana tidak besar. Mobil ini menyasar kalangan muda dan keluarga muda," jelas, dilkutip dari Antaranews, Selasa (30/01/2024).

Baca Juga: Kalahkan Toyota Avanza Dan Honda Brio, Ini Mobil Terlaris Tahun 2023

Meski tantangan ekonomi global masih tidak pasti, namun ia melihat sektor otomotif masih diminati dan menyumbang perekonomian Indonesia. Karena, kendaraan menjadi penunjang masyarakat untuk mobilitas, itu menjadi salah satu alasannya.

Menurut data Federasi Otomotif ASEAN (AAF), Indonesia menduduki posisi tertinggi dalam penjualan kendaraan dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Honda Brio menjadi LCGC terlaris tahun 2023 (Foto: KabarOto)

Penjualan mobil tahun 2023 di Indonesia mencapai 836.048 unit menempati posisi pertama, sedangkan Thailand sebanyak 645.833 unit, menempati posisi dua.

Riyanto menambahkan, tren penjualan kendaraan yang positif itu, karena masyarakat melihat kendaraan masih sebagai sebuah kebutuhan penunjang aktivitas sehari-hari. "Kelompok dengan ekonomi mampu akan tetap membeli mobil baru,” kata Riyanto.

Tahun 2024 ini, LCGC dinilai masih akan dilirik konsumen, karena faktor ekonomis dan efisiensi. Ini menjadi solusi bagi konsumen yang ingin menghemat pengeluaran.

“Saya rasa pada tahun 2024, jumlah mobil LCGC masih menjadi pilihan bagi masyarakat yang mementingkan fungsionalitas," ucapnya. Dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, segmen LCGC berada di posisi kedua sebagai mobil terlaris pada tahun 2023.