Lebih Enteng Dan Bertenaga, Ini Perbedaan Mesin New Hyundai Santa FE Dengan Model Lama

Lebih Enteng dan Bertenaga, Ini Perbedaan Mesin New Hyundai Santa FE dengan Model Lama

KabarOto.com - Hyundai resmi meluncurkan varian anyar dari Santa FE dengan 2 mesin baru pada awal bulan April 2021 lalu. Mesin bensin dan diesel diklaim menawarkan efisiensi baru meski terlihat tak ada peningkatan signifikan. Lalu apa bedanya?

Bonar Pakpahan selaku Assistant Manager of Product Planning at PT. Hyundai Motors Indonesia menjelaskan pada KabarOto saat sesi test drive wartawan ke kawasan Bogor, Jawa Barat hari ini (29/04). "Meski tak terlihat signifikan, yakni naik 2 hingga 3 dk dari mesin lamanya, atau sekitar 3-5%, itu lebih baik daripada tidak, bukan?" ujarnya.

Baca juga: New Hyundai Santa Fe Sudah Di Indonesia, Cek Daftar Harganya!

Ternyata, ubahan tersebut tak sesimpel yang dikira, karena mesin bensin New Hyundai Santa Fe mengadopsi teknologi mereka. "Namanya Friction Reduction Technology, itu yang membuat tenaga bisa naik 3 hingga 5 persen lebih tinggi. Karena mesin yang sekarang didesain untuk meminimalisir gesekan antar internal parts," ujar Bonar, sapaan akrabnya.

Injektornya pun berperan dalam menyumbang efisiensi dan peningkatan tenaga tersebut. Ia bilang, bahkan fuel rail pressure atau tekanannya diperbesar yang awalnya 2.000 bar menjadi 2.300 bar agar aliran bahan bakar makin mumpuni.

Baca juga: Bedah Fitur Keselamatan Di New Hyundai Santa Fe

Bahkan, mesin dieselnya diakui sudah memiliki konstruksi yang berbeda ketimbang generasi sebelumnya. "Sebelumnya masih pakai iron cast, sekarang sudah pakai aluminium. Artinya, pemangkasan bobot juga signifikan, hampir 20 kg yakni 19,5 kg lebih ringan ketimbang mesin sebelumnya," tutupnya.