POPULAR STORIES

Bedah Fitur Keselamatan Di New Hyundai Santa Fe

Bedah Fitur Keselamatan di New Hyundai Santa Fe

KabarOto.com – New Hyundai Santa Fe telah resmi meluncur di Indonesia. Selain menawarkan kemewahan di segi desain, Sport Utility Vehicle penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport ini dibekali deretan fitur keselamatan.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengklaim kalau produknya ini memiliki berbagai sistem dan sensor teknologi keamanan yang dapat memberikan peringatan untuk pencegahan terjadinya kecelakaan.

Salah satu fitur keselamatannya adalah Forward Collision –Avoidance Assist atau FCA yang merupakan sistem otomatis yang memberikan peringatan terjadinya tabrakan dari arah depan. Fitur ini bekerja mengaktifkan rem ketika sistem tersebut menilai jika akan terjadi benturan terhadap kendaraan lain atau pejalan kaki.

Baca Juga : New Hyundai Santa Fe Sudah Di Indonesia, Cek Daftar Harganya!

Fitur kedua adalah Blind-Spot Collison-Avoidance Assist (BCA) yang mampu mendeteksi kendaraan yang datang dari arah belakang. Fitur ini membantu menghindari potensi tabrakan dengan rem otomatis. Bahkan, fitur ini mampu mendeteksi situasi ketika parkir secara paralel.

Ketiga adalah fitur Blind-Spot View Monitor (BNM) yang bekerja menunjukkan area yang tak terlihat di bagian belakang.

Fitur safety driving New Hyundai Santa Fe 2021 lainnya adalah Blind-Spot View Monitor (BVM), yang mampu menunjukkan area blind spot di belakang mobil. Gambar visual BVM terletak pada panel cluster mobil, kemudian bekerja ketika pengemudi menghidupkan lampu sein untuk berganti jalur.

Baca Juga : Hyundai Santa Cruz, Rombak Desain Jelang Produksi

Fitur keselamatan selanjutnya adalah Rear Cross-Traffic Collison-Avoidance Assist (RCCA) untuk mendeteksi kendaraan yang datang dari belakang, baik dari sebelah kanan maupun kiri. Sebuah tanda peringatan akan berbunyi ketika kendaraan lain datang dari belakang, rem otomatis akan bekerja jika diperlukan.

Berlanjut pada fitur Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA). Fitur LKA mampu mendeteksi marka jalan pada kecepatan mobil tertentu. Apabila mobil keluar dari jalur marka jalan, sistem akan memberikan peringatan secara visual dan juga audio.

Baca Juga : Kurang Pasokan Komponen Semikonduktor, Hyundai Stop Produksi Kona Dan Ioniq 5

Sedangkan, fitur LFA bekerja mengendalikan kemudi secara otomatis agar tetap berada di jalur marka jalan yang dilalui.

Selanjutnya adalah fitur Electric Child Lock (ECL) dan Safe Exit Assist (SEA). Kedua fitur ini membantu menghindari benturan ketika penumpang di baris kedua akan keluar dari mobil jika ada kendaraan yang datang dari arah belakang.

Terakahir, New Hyundai Santa Fe dibekali fitur Rear Occupant Alert (ROA) yang memberi peringatan kepada pengemudi untuk memastikan sudah tidak ada penumpang di bagian belakang ketika akan keluar dari mobil.