Lexus Berencana Hentikan Produksi GS300

Lexus Berencana Hentikan Produksi GS300

KabarOto.com – Bagi pecinta mobil keluaran Lexus, bersiaplah untuk menerima berita mengejutkan. Pasalnya, ada sebuah kabar yang menyebutkan pihak Lexus akan merampingkan jumlah varian dari GS. Salah satu yang menjadi model yang akan dihentikan produksi mulai tahun depan, adalah Lexus GS300.

Dilansir dari CarsDirect, sejauh ini, Lexus GS300 merupakan varian entry level yang ditawarkan untuk sedan berkode L10 ini. Diatas varian ini masih ada GS350, GS350 AWD, GS450h dan GS F.

Alissa Moceri selaku juru bicara Lexus telah mengkonfirmasi bahwa Lexus GS300 akan dihentikan penjualannya pada 2020. Dengan alasan, kini konsumen sudah tidak terlalu berminat untuk membeli varian entry level dari sedan ini. Alissa menyebutkan bahwa angka penjualan Lexus GS300 kecil untuk penjualan sepanjang tahun 2018 lalu.

Baca juga: Lexus LC500 Inspiration Series 2020, Sedan Eksklusif Edisi Terbatas

Langkah ini nampaknya berkaitan erat dengan rencana strategis Lexus yang diumumkan tahun lalu terkait Lexus GS dan IS. Jadi, pasca Lexus GS300 disuntik mati tahun depan, maka varian entry level dari seri GS bakal diemban oleh Lexus GS350. Di Indonesia, pihak Lexus juga menjual seri GS, dan 2 ada varian yang ditawarkan. Varian pertama adalah Lexus GS300, dan yang kedua adalah Lexus GS F.

Lexus GS yang dipasarkan saat ini berkode L10 yang sebenarnya sudah terbilang lama masa hidupnya. Mobil ini diperkenalkan pada tahun 2011 lalu, dan sempat mendapatkan penyegaran di tahun 2015. Sejauh ini belum ada informasi dari Lexus untuk menghadirkan penerus dari Lexus GS, mobil ini posisinya sudah tergantikan oleh Lexus ES di wilayah Eropa.

Baca juga: Lexus GX 460 Facelift 2020, Hadir Dengan Gril Besar Dan Paket Off-Road Baru

Agak berbeda dengan pasar Indonesia yang masih menawarkan keduanya, Lexus GS merupakan suksesor dari Toyota Aristo yang diperkenalkan awal 90-an di Jepang. Mobil ini telah memiliki 4 generasi sejauh ini.

Oh ya, apakah Sobat KabarOto tahu makna dari kode ‘GS’? banyak yang menyebutkan bahwa arti GS adalah Grand Sport karena mobil ini RWD/AWD ditambah banyaknya pilihan varian terutama untuk mesin 6 silinder keatas, walau ada varian lain untuk mesin 4 silinder turbo & hybrid. Namun, sejatinya makna dari huruf GS di Lexus GS adalah ‘Grand Sedan’. (Rizky Hidayat)