Lexus Kembangkan Teknologi Kamera Pengganti Kaca Spion

Lexus Kembangkan Teknologi Kamera Pengganti Kaca Spion Lexus ES 300 (Lexus)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Jepang, Lexus, dikabarkan sedang mengembangkan sistem kamera baru untuk mengganti fungsi kaca spion mobil konvensional, dengan teknologi yang jauh lebih canggih.

Fitur baru bernama digital outer mirror tersebut nantinya akan mempermudah pengemudi untuk mengawasi situasi di belakang atau samping kendaraan, yang rawan dengan titik tak terlihat atau blind spot.

Kamera ini akan mengganti fungsi cermin

Lexus juga mengatakan, bahwa manfaat lain dari teknologi baru ini adalah kemampuannya untuk meningkatkan pandangan pengemudi di sekitar area mobil saat di malam hari, bahkan dalam cuaca yang kurang bersahabat, seperti hujan lebat maupun salju.

Baca Juga: Langkah Mudah Agar Radiator Tetap Dalam Kondisi Prima

Nantinya, perangkat kamera dalam fitur ini akan ditempatkan persis di posisi cermin spion mobil konvensional. Selanjutnya kamera tersebut akan terhubung dengan layar monitor kecil di dalam kabin, yang posisinya dekat dengan pilar A.

Membantu penglihatan saat malam hari maupun cuaca buruk

Layar monitor yang menghadap langsung ke pengemudi tersebut, akan menampilkan beberapa fitur, seperti peringatan blind spot, hingga identifikasi objek.

Saat pengemudi sedang parkir pun, di layar monitor akan menampilkan indikator jarak aman dari mobil lain, serta akan memperbesar tampilan objek lain saat mobil semakin bergerak mendekat.

Baca Juga: BMW S1000RR Ini Moge Carbon Dragster Tembus 10 Detik 402 Meter

"Adopsi kamera tipis juga membantu mengurangi suara angin karena ukuran spion yang jauh lebih kecil. Bentuknya juga membuatnya lebih baik untuk visibilitas ke depan, dan mencegah akumulasi hujan dan salju," tulis Lexus dalam keterangannya.

Rencananya, teknologi ini akan diterapkan pertama kali pada model Lexus ES terbaru, di tahun 2019 mendatang. Selanjutnya secara bertahap akan digunakan juga pada model Lexus lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkait