Lintasi Tol Trans Jawa, HMSI Lakukan Pengujian Bus Hino RN 285

Lintasi Tol Trans Jawa,  HMSI Lakukan Pengujian Bus Hino RN 285

KabarOto.com - Banyaknya PO Bus yang penumpang untuk tujuan kota-kota di Pulau Jawa menggunakan Tol Trans Jawa untuk menghemat waktu perjalanan.

Terkait hal tersebut, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) melakukan sesi pengujian untuk mengukur temperatur oli mesin Hino RN 285 yang melintasi ruas tol Trans Jawa. Di mana, dalam pengujian menggunakan perangkat Monitoring Graphtec Digital Logger.

Selama pengujian, data Hino DX II memonitor kecepatan bus, putaran mesin (rpm), engine coolant temperature dan konsumsi bahan bakar. Bus Hino RN285 Common Rail yang dites adalah unit bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) PO Sinar Jaya jurusan Jakarta-Surabaya (PP). Mengangkut 33 penumpang dengan kapasitas bagasi penuh.

Baca juga: Ini Kata Isuzu Soal Kolaborasi Pengembangan Truk Listrik Dengan Hino

Saat pengujian, bus diberangkatkan dari Terminal Pulogebang, Jakarta tujuan Terminal Purabaya, Surabaya melintasi ruas tol Trans Jawa. Dari hasil monitor data saat pengujian, Bus Hino RN 285 menunjukkan temperatur oli sebesar 119,5° Celcius. Indikator ini di bawah standard flash point-nya, yakni 230° Celcius.

Sementara itu, putaran mesin tertinggi mencapai 12.762 rpm dan kecepatan tertinggi bus mencapai 143 kpj. Sedangkan, putaran mesin terendah berada di level 2.321 rpm dan kecepatan terendahbadalah 107 kpj.

Santiko Wardoyo, Chief Operating Oficer (COO) – Director HMSI mengungkapkan, “Hasil pengujian menunjukkan mesin tetap stabil dan terjaga suhunya, walaupun pemakaian oli lebih kecil pada mesin Hino RN285 dibanding brand lain."

Baca juga: Kesiapan Hino Menuju Standar Emisi Euro 4 Tahun Depan

Hino Bus RN 285 memiliki teknologi lubang pelumasan yang disebut oil gallery pada piston yang bekerja untuk mendinginkan.

"Lubang oil gallery ini akan meningkatkan efisiensi pendinginan pada mesin jika dibandingkan dengan mesin bus dengan tipe piston tanpa oil gallery. Piston yang dilengkapi dengan oil gallery, 50% panas yang dihasilkan dari piston akan ditransfer ke minyak pelumas atau oli,” tambah Santiko.

Sebagai informasi, bus Hino RN285 menggunakan mesin diesel 7.684 cc tipe J08E-VT commonrail 6 silinder in-line direct injection dengan turbo aspirated yang menghasilkan tenaga maksimum 282 dk.

Berita Terkait

Berita Terkait