POPULAR STORIES

Ini Kata Isuzu Soal Kolaborasi Pengembangan Truk Listrik Dengan Hino

Ini Kata Isuzu Soal Kolaborasi Pengembangan Truk Listrik dengan Hino Truk Listrik Hino

KabarOto.com - Kendaraan listrik saat ini sedang dikembangkan oleh pabrikan otomotif, baik kendaraan penumpang maupun komersial. Untuk segmen komersial, truk listrik ini sangat dibutuhkan, agar emisi gas buang yang mencemari lingkungan bisa berkurang.

Dalam rangka menuju era elektrifikasi, Isuzu dan Hino di Jepang bekerjasama membangun kendaraan listrik. Hino dikabarkan akan merilis truk listrik Dutro Z EV, dan Isuzu sedang siapkan Elf versi listrik.

Baca Juga: Pemerintah Revisi Peraturan PPnBM Mobil Listrik

Lalu apakah kerjasama kedua produsen kendaraan komersial itu akan diwujudkan juga di Indonesia? Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia menyatakan, pihaknya sampai saat ini masih menunggu situasi.

Truk listrik Isuzu

"Pada dasarnya kami menunggu seperti apa situasinya. Kalau kebijakan tetap jalan saya rasa akan terjadi juga di Indonesia," jelas Attias Asril, dalam diskusi virtual dengan media otomotif belum lama ini.

Namun demikian, untuk menghadirkan truk listrik di Indonesia, masih membutuhkan waktu yang cukup lama, dan perlu waktu yang cukup panjang. "Rasanya masih akan panjang perjalanan elektrik. Banyak hal yang harus jadi pertimbangan," tuturnya.

Sebagai informasi, dikutip dari Nikkei Asia, Isuzu Motors dan Hino Motors sebentar lagi akan perkenalkan produk truk listrik tahun depan. Pengembangan ini akan dibantu oleh Toyota Motor.

Baca Juga: Suku Cadang Masih Dijamin, Pemilik Isuzu Panther Tak Perlu Khawatir

Dua pabrikan ini juga tergabung bersama Toyota dalam proyek Commercial Japan Partnership (CJP). Proyek yang sudah diluncurkan pada April lalu ini fokus mengembangkan mobil komersial berbasis CASE (Connected, Autonomous, Shared, dan Electric).