POPULAR STORIES

Livery Kuning Di Desmosedici GP23 Punya Makna Spesial Bagi Ducati

Livery Kuning di Desmosedici GP23 Punya Makna Spesial Bagi Ducati Ducati Lenovo menggunakan livery spesial di MotoGP San Marino 2023 (Foto: Ducati)

KabarOto.com - Francesco Bagnaia menggunakan livery warna kuning pada motornya di MotoGP San Marino 2023. Di mana, corak warna ini disebut sebagai perayaan supremasi pabrikan motor Italia di ajang balap motor.

Melansir laman Speedweek, pemilihan warna kuning dalam rangka merayakan Triple Crown Ducati di MotoGP dan WorldSBK di musim lalu.

Diketahui, Francesco Bagnaia meraih gear juara dunia dan gelar dunia konstruktor bersama Ducati. Sedangkan, Alvaro Bautista meraih juara dunia di WSBK. Ini merupakan yang pertama bagi Ducati meraih gelar juara di kedua ajang sekaligus.

Baca Juga: Berburu Tiket MotoGP Indonesia, Simak Lokasi Berikut

Francesco Bagnaia

Sebelum digunakan di ajang MotoGP, livery kuning ini menempel di tim Aruba.it Racing Ducati. Di mana, mereka lebih dulu menggunakannya pada Panigale V4 R di balapan WorldSBK Emilia Romagna pada 2-4 Juni 2023 lalu.

Sedangkan, Ducati Lenovo Team menggunakannya pada Desmosedici GP23 di MotoGP San Marino pada 8-10 September 2023.

Ducati sendiri identik dengan warna merah, tapi warna kuning menjadi tradisi spesial dalam sejarah pabrikan asal Borgo Panigale, Bologna, Italia.

Baca Juga: Klasemen Sementara MotoGP 2023: Jorge Martin Berjarak 36 Poin Dari Francesco Bagnaia

Sebelumnya, livery spesial ini pernah digunakan di dunia balap motor pada paruh pertama era 1970-an (750 Sport dan 750 SS Desmo dari tim Spaggiari).

Pada tahun 90an, Giallo Ducati secara khusus menginspirasi livery di ajang balap. Dari situ mereka memiliki momen popularitas terbesarnya yang kemudian meluas ke produksi massal.