POPULAR STORIES

Lotus Elise Cup 250 Bathurst Edition Hanya Dibuat 6 Unit

Lotus Elise Cup 250 Bathurst Edition Hanya Dibuat 6 Unit Lotus Elise Cup 250 Bathurst Edition

KabarOto.com - Salah satu produsen sport car legendaris, Lotus, baru saja mengadakan balapan untuk para penggemarnya (track day) di Sirkuit Mount Panorama, Bathurst, Australia. Di Sirkuit tersebut, juga dikenal dengan gelaran Bathurst 12 Hour Race.

"Bathurst 12 Hour Race merupakan perlombaan daya tahan untuk mobil GT dan mobil produksi. Ini adalah balapan tahunan, berlangsung setiap bulan Februari," ujar Direktur regional Lotus Cars untuk Asia Pasifik dan Cina, David McIntyre.

Baca Juga: Suzuki XL7 Meluncur, Honda Ketar-Ketir?

Dalam kesempatan tersebut, Lotus menggunakannya sebagai ajang peluncuran produk baru yang dinilai sangat spesial, yakni Lotus Elise Cup 250 Bathurst Edition.

"Mobil ini juga dibuat untuk merayakan Australia sebagai pasar keenam terbesar (Lotus) secara global pada tahun 2019," kata David.

GT Wing terdapat bendera Australia

Ia melanjutkan, mobil edisi khusus itu menggunakan basis dari Elise Cup 250 yang diluncurkan pada 2017. Namun pihak Lotus telah melakukan beberapa penyempurnaan agar tampilan dan performanya meningkat.

Dari segi eksterior, mobil yang rencananya hanya akan dibuat dalam jumlah sangat terbatas tersebut menggunakan pelek alloy, dalam balutan warna hitam. Lalu, Lotus menyematkan plakat khusus 'Bathurst Cup 250'.

Plakat khusus

Lalu, Lotus sedikit melakukan perubahan pada bentuk tailgate dan fender depan agar dapat meningkatkan aerodinamika saat kecepatan tinggi. Urusan mesin, produsen asal Inggris tersebut masih mempercayakan kepunyaan Elise Cup 250.

Dapur pacu itu, dianggap masih cukup kuat untuk dapat membuat versi Elise Cup edisi khusus berlari. "Elise Cup 250 saat ini merupakan versi paling hardcore dari mobil ini," jelas David.

Lotus Elise Cup 250 menggunakan mesin 2ZZ-FE 1.8 liter supercharged empat silinder. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 243 dk pada 7.200 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.500 hingga 5.500 rpm.

Bagian samping terlihat sporty

Tenaga yang terbilang cukup besar untuk mobil semungil itu, lantas disalurkan ke roda melalui transmisi manual enam percepatan. Hasilnya, Elise Cup 250 Bathurst Edition dapat berlari dari posisi diam hingga 100 kpj dalam waktu 4,3 detik.

Bila pengemudi masih memiliki nyali untuk menginjak pedal gas lebih dalam, mobil tersebut dapat melesat hingga jarum di angka 247 kpj. Agar pengendaliannya semakin mumpuni, Lotus juga menyempurnakan sektor kaki-kaki.

Menggunakan transmisi manual

"Termasuk suspensi double wishbone untuk bagian depan dan belakang, anti-roll bar depan, Eibach coaxial coil springs and Bilstein dampers, serta kaliper depan AP Racing dua piston dan kaliper belakang Brembo piston tunggal," urai David.

Baca Juga: Produk MPV Toyota Digemari Masyarakat Sepanjang Tahun 2019

Produksi Elise Cup 250 terbatas hanya 200 unit per tahun, tetapi David menegaskan hanya enam Edisi Bathurst yang akan dibuat.

"Sangat menyenangkan untuk memulai tahun ini di Australia. Lotus dan Australia memiliki sejarah panjang dan kaya dan kami berkomitmen untuk membangun hubungan dekat ini bergerak maju," pungkas David.