Suzuki XL7 Meluncur, Honda Ketar-Ketir?

Suzuki XL7 Meluncur, Honda Ketar-Ketir? Suzuki XL7 (KO/Kilpi)

KabarOto.com - Setelah membuat penasaran para pecinta otomotif Tanah Air, dengan kabar kehadirannya serta potongan-potongan gambar yang beredar di dunia maya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya resmi meluncurkan Suzuki XL7.

Peluncuran tersebut, dilakukan pada Sabtu (15/2) di Jakarta. Model baru yang bakal bersaing di kelas Medium Sport Utility Vehicle (MSUV) tersebut, dibanderol mulai dari Rp 230 juta hingga Rp 267 juta.

Baca Juga: Dapat Penyegaran, Ini Harga New Honda BR-V

Suzuki XL7 sendiri dibagi dalam 3 trim, Zeta, Beta hingga versi tertinggi yakni Alpha. Saat ini, segmen tersebut diisi oleh beberapa merek, seperti Mitsubishi Xpander Cross dan Honda BR-V.

Saat ini, BR-V menjadi salah satu produk favorit yang dikeluarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Pada periode Januari-Desember 2019, Honda BR-V hanya bukukan penjualan sebanyak 6.206 unit, alias rata-rata perbulan di angka 502 unit.

Honda BR-V

Namun awal tahun 2020 ini BR-V hanya terjual sebanyak 400 unit. Lantas, apakah Honda bakal merasa terancam dengan kehadiran produk anyar dari pabrikan berlogo 'S' tersebut?

"Enggak sih, sebab customer saat ini sudah smart, jadi sudah tahu mengenai brand valuenya bagaimana, after salesnya hingga pelayanannya gimana," ujar Yusak Billy, Business Innovation Sales & Marketing Director PT HPM.

Lebih lanjut pria ramah tersebut mengatakan, faktor penentu pembelian mobil oleh konsumen bukan hanya sekadar harga saja, apalagi saat ini rivalnya membanderol harga jauh di bawah BR-V.

Interior Honda BR-V

"Jadi bukan sekadar barunya saja yang dilihat dan harganya saja. Namun konsumen juga melihat setelah dia punya, bagaimana pelayanan yang didapat. Kalau pun ke depan mau dijual harga jual kembalinya gimana. Intinya konsumen saat ini sudah smart," jelas Yusak kepada KabarOto.

Baca Juga: Donny Saputra: Pembuatan Suzuki XL7 Satukan 3 Konsep Berbeda

Hadirnya pesaing baru, membuat Honda bakal meluncurkan produk baru? "Kita lihat nanti, saat ini kita sedang pelajari. Jadi kita monitor terus, hadirnya produk baru (dari Suzuki) memang tidak boleh disepelekan," tuturnya.

Yusak menambahkan, hadirnya XL7 membuat pasar SUV akan semakin berkembang. "Seperti sebelumnya telah hadir Xpander Cross, jadi bisa merangsang market dan membuat pasar menjadi dinamis," pungkasnya.

Bila melihat data Xpander Cross telah terjual sejak November 2019 hingga Januari 2020, Mitsubishi catat 3.933 unit. Adapun penjualan Januari 2020 sendiri untuk Xpander Cross yakni 1.812 unit. Sementara itu, Suzuki XL7 diklaim akan targetkan penjualan 2.000 unit perbulan.