POPULAR STORIES

Lowin Hadirkan Fog Lamp Untuk Hadapi Cuaca Buruk

Lowin Hadirkan Fog Lamp untuk Hadapi Cuaca Buruk

KabarOto.com - Lampu kabut atau kerap disebut fog lamp menjadi salah satu komponen yang cukup vital pada mobil. Keberadaan foglamp memberi peran penting untuk membantu pengemudi, khususnya ketika berkendara pada cuaca berkabut serta hujan demi meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Foglamp saat ini sudah banyak diaplikasi, bahkan mobil-mobil keluaran terbaru fitur fog lamp menjadi kelengkapan standarnya. Meskipun memiliki tujuan untuk memberikan penerangan, cahaya dari foglamp untuk meningkatkan visibilitas bagi pengemudi.

Contohnya saat menerobos kabut ketika melalui pegunungan, dimana lampu utama terkadang tidak optimal menembus pekatnya kabut. Pun begitu saat berkendara kondisi hujan dan ketika melewati ruas jalan yang gelap. Fungsi fog lamp untuk membantu pengemudi untuk memberikan penerangan ke jalan, serta menjamin keamanan mobil saat berkendara pada saat kondisi visibilitas yang buruk.

Baca juga: Musim Hujan Telah Tiba, Pilih Lampu yang Cocok

Untuk meningkatkan keselamatan berkendara, PT Lowin Parama Indonesia (Lowin) yang merupakan salah satu importir dan distributor part aftermarket, menghadirkan berbagai jenis fog lamp untuk mobil-mobil yang beredar di Tanah Air.

Kami memiliki dua varian fog lamp. Pilihan pertama yang bersifat universal, sehingga bisa diaplikasi oleh mobil-mobil passenger car di Tanah Air. Dan opsi kedua yaitu fog lamp replacement yang memiliki bentuk dan desain seperti fog lamp standar mobil bawaan pabrik,” buka Hendry Lo selaku Managing Director PT LPI.

Hendry menambahkan bahwa dalam mengaplikasi fog lamp pada kendaraan, sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Contohnya ketika memilih cahaya yang dihasilkan oleh bohlam fog lamp. “Disarankan untuk menggunakan bohlam jenis halogen ataupun LED yang memberikan cahaya berwarna kuning. Alasannya, karena cahaya warna kuning bisa menembus kabut dan hujan. Idealnya cahaya warna ini pada 3.000 K,” tambah pria murah senyum ini.

Untuk versi Halogen memiliki daya tembus yang lebih kuat dan berbiaya rendah. Sementara pilihan jenis LED (Light Emitting Diode) menghadirkan kecerahan tinggi dan hemat energi. Penggunaan saat musim hujan yang seperti terjadi di Indonesia saat ini, dengan hadirnya fog lamp membantu menerangi jalan. Selain itu, berfungsi untuk memberikan sinyal kepada pengemudi kendaraan lain untuk menjaga jarak aman kendaraan.

Beberapa kendaraan yang telah beredar pun dilengkapi fog lamp pada bagian belakang. Fungsinya pun cukup penting, karena ketika diaktifkan pada saat kondisi hujan dan berkabut, fog lamp pada buritan mobil berguna memberi sinyal pada pengemudi belakang.

Baca juga: Ini Spesifikasi Dan Harga 4 Lampu Terbaru Autovision

Hendry membeberkan tips dalam memilih fog lamp. “Pertama pilih kualitas terbaik. Seperti DLAA fog lamp yang sudah mendapatkan sertifikat ISO dan E-mark. Pilih fog lamp yang mudah dipasang dan hadir dalam set komplet dengan kabet, baut, switch dan relay,” jelas Hendry.

Selain itu, pilih fog lamp yang waterproof, untuk menjamin agar air tidak masuk ke fog lamp. Bahkan beberapa foglamp telah dilengkapi fitur reflector yang bisa di-adjust sesuai kebutuhan. Sehingga penerangan yang dihasilkan dalam lebih optimal.

Bicara struktur lampu kabut bagian depan, ada dua jenis. Lampu kabut semi tertutup dan tertutup. Untuk semi tertutup tidak cocok untuk rendam. Sedangkan pilihan tertutup dengan tingkat kedap air IP66, foglamp dapat digunakan untuk mengarungi banjir dalam waktu singkat. Namun, disarankan ketika melibas banjir, posisi air masih berada di bawah seperti roda.

Dengan penggunaan yang tepat, usia lampu kabut bisa sangat panjang. Kerusakan umumnya disebabkan oleh invasi air, yang menyebabkan lensa atau rumah foglamp dan kelistrikan tidak berfungsi. Secara teoritis usia foglamp dengan lampu janis halogen sekitar 350 jam, dan jenis LED bisa lebih dari 500 jam.

Lowin hadirkan berbagai pilihan fog lamp, termasuk sebagai distributor tunggal fog lamp bermerek DLAA yang sudah terkenal di Indonesia. Untuk lampu kabut universal dan replacement, Lowin menyediakan untuk kendaraan berlabel Toyota, Honda, Volkswagen, Nissan, Suzuki, Mazda, Isuzu, Mitsubishi, Daihatsu dan lainnya.

Harapannya, keberadaan Lowin yang menghadirkan berbagai jenis foglamp ini dapat membantu para pengemudi dalam memaksimalkan berkendara pada kondisi cuaca tertentu. Seperti jalan berkabut, hujan hingga saat kondisi gelap. Tujuan utama kami untuk mendukung keselataman dan kenyamanan para pengemudi dimana pun berada,” tutup Hendry Lo.