Lucu, Mi Qicycle Dari Xiaomi Ramaikan Pasar Sepeda Listrik Baru

Lucu, Mi Qicycle dari Xiaomi Ramaikan Pasar Sepeda Listrik Baru

KabarOto.com - Tantang rival-rivalnya, sepeda listrik Mi Qicycle yang dibuat oleh Xiaomi dan iRiding hanya berbobot 14,5 kg Namun mampu mencapai jarak tempuh hingga 45 km.

Mi Qicycle ini merupakan sepeda dengan hub internal Shimano 3-percepatan yang ditenagai motor 36 volt, 250 watt. Sepeda listrik lipat dari pabrikan Cina ini dilengkapi dengan roda berdiameter 16 inci yang mirip Bromptons.

Walau diameter rodanya kecil, hal tersebut bukan masalah karena seperti yang dijelaskan oleh Melotronic, QiCycle dibekali motor listrik yang akan membantu saat melaju di tanjakan, dan lincah di jalan datar.

Pengendara bisa memilih kontrol pengaturan tenaga yang berupa full power, mode ramah lingkungan, atau menonaktifkannya. Sepeda juga bisa dihubungkan ke ponsel lewat Bluetooth untuk melacak jarak yang sudah ditempuh.

Baca Juga: Skutik Listrik Imut, Xiaomi A1 Dan A1 Pro

Melotronic sebagai distributor sepeda dan motor listrik di Indonesia juga menjelaskan bahwa penggerak listrik pada sepeda elektrik Xiaomi ini mampu meraih kecepatan maksimum 20kpj tanpa mengayuh pedal. Namun sayangnya, QiCycle tidak memiliki fitur pengereman regeneratif untuk pengisian daya listrik kembalinya. Pihak pabrikan mengklaim pengisian baterai dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 3 jam.

Cara melipat sepeda listrik ini cukup mudah, hanya dengan mengangkat tiang jok, lalu beri dorongan ke roda belakang untuk melipat sepeda menjadi dua, dan turunkan kembali tiang kursi untuk menopang sepeda sebelum melipat garpunya ke bawah. Jangan lupa untuk memastikan memegang sepeda dengan erat saat menurunkan tiang kursi.

Sepeda listrik Xiaomi-iRiding ini kemungkinan besar hanya akan dijual di China, tetapi jika berminat, sepeda ini sudah tersedia di Melotronic.

Spesifikasi utama:
Shimano three-speed internal gear hub
Bobot 14,5 kg
Diameter roda 16 inci
Motor listrik dengan kecepatan hingga 20 km per jam
Baterai 36V 5.800 mAh dengan jangkauan 45 km
Koneksi Bluetooth