POPULAR STORIES

Mahasiswa UNDIP Ciptakan Jaket Airbag

Mahasiswa UNDIP Ciptakan Jaket Airbag Empat Mahasiswa UNDIP kreasikan Jaket Airbag (foto: Universitas Diponegoro)

Jacket menggunakan airbag sudah banyak mulai dikembangkang bahkan sudah ada yang dijual diluar negeri, misalnya seperti Produsen sepeda motor premium BMW Motorrad  yang mengikuti langkah Ducati membuat jaket yang berfungsi sebagai airbag. Jika Ducati bekerja sama dengan Dainese, maka BMW menggandeng Alpinestars.
Tidak mau kalah dengan mereka, ternyata empat orang mahasiswa Universitas Diponegoro pun ikut mendesain jacket ber airbag.

Empat Mahasiswa Undip

Menurut laman resmi milik Universitas Diponegoro, empat mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro membuat program kreatifitas mahasiswa karsa cipta dengan judul “Seragam Airbag Untuk Mengurangi Angka Kematian Pada Pengendara Motor”. Dimana seragam ini dibuat dengan harapan dapat melindungi para pengendara bermotor bila terjadi kecelakaan.
Program kreatifitas mahasiswa ini di ketuai oleh Darmawan Saputra dengan beranggotakan Mifta Sugianti, Ramadhan Azis Fajar Lasono, dan Aulia Nur Adhia dari DIII Teknik Kimia. Seragam Airbag yang di buat didesain dengan dilengkapi airbag, selang, sensor dan kantong. Mifta menyatakan “ Seragam Airbag yang dibuat terdiri dari helm dan jaket. Dimana helm dan jaket di lengkapi sensor yang akan mendeteksi bila terjadi kecelakaan”.

“Seragam Airbag yang dibuat mempunyai sistem pengendalian otomatis, dimana sensor yang digunakan dapat mendeteksi yang kemudian sinyal akan ditransmisikan menuju kantong sehingga terjadi reaksi antara asam cuka cair dengan soda kue yang akan menimbulkan gas yaitu CO2. Gas CO2 hasil reaksi akan mengalir ke selang lalu mengisi ruang jaket yang telah di lengkapi kain airbag, sehingga jaketpun menggelembung. Sedang pada helm di pasang sensor dan headset, dinama sensor akan mengirimkan sinyalnya yang kemudian berubah menjadi suara yang akan di dengar oleh para pengendara melalui headset” ujar Darmawan.

Maju terus Mahasiswa Indonesia.

Baca juga:

Berita Terkait

Berita Terkait