POPULAR STORIES

Makin Canggih, Mobil Listrik Lotus Eletre Bakal Dibekali Sistem Otonom Level 4

Makin Canggih, Mobil Listrik Lotus Eletre Bakal Dibekali Sistem Otonom Level 4 Mobil listrik Lotus Eletre (Foto: Lotus)

KabarOto.com - Lotus Eletre dikabarkan akan menjadi mobil listrik yang dilengkapi sistem otonom Level 4, berkat sejumlah sensor canggih.

Mobil listrik pertama Lotus ini diklaim istimewa, karena menggunakan banyak teknologi LiDAR, dua diantaranya dipasang di spatbor depan dan di atap mobil. Selain itu, Lotus juga membekalinya dengan radar dan kamera canggih.

Baca Juga: Lotus Evija Fittipaldi Limited Edition Merayakan 50 Tahun

Kepala Eksekutif Lotus Robotics, Li Bo mengungkapkan bahwa, "Lotus Eletre hampir menjadi mobil Level 3 yang sebenarnya, mencatat bahwa produk ini bisa melaju tanpa bantuan pengemudi di belakang setir"

Lotus Eletre diklaim dapat mengemudi hingga 200 km tanpa bantuan pengemudi

Dia mengatakan SUV dapat melakukan perjalanan hingga 200 km, sebelum membutuhkan intervensi manusia. Lotus berpikir itu bisa lebih baik. Faktanya, Lotus ingin Eletre mampu menempuh jarak 100.000 km per intervensi. Jika bisa melakukannya, ini secara efektif setara dengan operasi sistem Level 4.

Baca Juga: Lotus Emira GT4 Ajak Pemesannya Keliling Sirkuit Hethel

Prototipe Lotus Eletre sudah diuji secara mandiri di jalan-jalan Tiongkok, dan mencatat sistem self-driving-nya sangat canggih sehingga dapat mempelajari gaya mengemudi pengendaranya. Misalnya, pengemudi yang lebih agresif dapat menggunakan rem lebih lambat dan dapat berpindah jalur lebih cepat.

Di Inggris, Lotus Eletre dipasarkan dengan harga $ 111.708 atau sekitar Rp 1,6 miliaran. Sedangkan, Lotus Eletre S menghasilkan tenaga 595 dk dan 710 Nm dari powertrain listriknya. Selain itu, mobil listrik ini juga dapat melakukan perjalanan hingga 600 km, dengan pengisian daya dari 10-80 persen hanya dalam waktu 20 menit.