Mandalika Dipoles Habis-habisan Untuk Jadi Sirkuit MotoGP 2021 Mendatang

Mandalika Dipoles Habis-habisan untuk Jadi Sirkuit MotoGP 2021 Mendatang Mandalika, Lombok, NTB yang akan menjadi sirkuit MotoGp 2021

KabarOto.com - Santer terdengar bahwa sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat yang akan digunakan untuk ajang MotoGP dunia pada 2021. Sebelumnya, Indonesia juga pernah menyelenggarakan balapan MotoGP pada tahun 1996 dan 1997 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Berbagai pihak sangat senang dengan keputusan Mandalika yang akan dijadikan sirkuit balapan MotoGP. Tak terkecuali Menpora, Imam Nahrawi yang sangat mendukung dan merasa hal ini menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.

mandalika

"Jika ada di negara kita pasti sangat banyak yang menonton, daripada harus ke Malaysia seperti sekarang. Nanti saya akan menemui Menteri Pariwisata dan pihak-pihak terkait guna memberikan dukungan dan terus mempromosikan agar dapat terwujud," ucap Menpora yang didampingi Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta

Menurut Channel NewsAsia, telah dikonfirmasi bahwa Dorna Group telah menandatangani perjanjian dengan Badan Pengenmbangan Pariwisata Indonesia (ITDC). Penandatangan ini terkait dengan Indonesia akan menjadi tuan rumah acara MotoGP di pulau tropis dekat Bali.

Baca Juga: Demam Winglet Di Tes Pramusim MotoGP 2019

"Betapa uniknya proyek ini, sirkuit kelas dunia (diselenggarakan) di negara dimana MotoGP memiliki banyak pengikut. Indonesia adalah pasar utama bagi kami, dengan persentase penggemar motorsport yang tinggal di sini, dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat begitu sirkuit selesai," ungkap CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta said.

mandalika

Mandalika ini ternyata sudah ditetapkan oleh peraturan Pemerintah yang menyatakan bahwa lokasi ini dijadikan sebagai ekonomi pariwisata di Lombok. Nantinya, luas lahan yang mencapai 1.035,67 Ha ini akan dipoles habis-habisan untuk dijadikan sirkuit motorsport layaknya skala Internasional.

"Pembangunan trek sirkuitt Mandalika merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan distrik Sports & Entertainment seluas 131 ha di zona tengah Mandalika. Selain trek sirkuit sepanjang 4,32 km didisain mengelilingi distrik, rencananya juga akan dibangun 10 hotel dengan kapasitas sekitar 2.500 kamar, COEX (Convention – Exhibition) Building, Rumah Sakit dan Water Park berstandar internasional," jelas Abdulbar M. Mansoer selaku Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

motogp

Baca juga: Yamaha Perkenalkan Livery Baru Tunggangan Rossi Dan Vinales

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC, BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata the Mandalika, Lombok NTB, menegaskan bahwa pembangunan sirkuit Mandalika bukan dibangun dengan biaya Rp 3,6 Triliun.

"Presiden memprioritaskan Mandalika menjadi tempat sport wisata. Selain nanti ada MotoGP, tentunya juga ada sport yang berkaitan dengan laut, pantai, dan lain sebagainya,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung di Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (25/2) siang.

Karena merupakan tempat wisata, tentu ada sesuatu yang ditawarkan oleh Mandalika. Seperti Bali, Lombok juga kaya akan indahnya pemandangan. Termasuk "Bali Baru" ini yang tidak hanya memiliki keindahan wisata bahari dengan pesona pantai, area bawah lautnya juga tak kalah memukau pengunjung.