Mansetus Balawala, Si Penakluk Keterbatasan Demi Perjuangkan Nyawa Di Pelosok NTT

Mansetus Balawala, Si Penakluk Keterbatasan Demi Perjuangkan Nyawa di Pelosok NTT Mansetus Balawala (dok. Shell)

KabarOto.com - Nama Mansetus Balawala mungkin saja sangat asing bagi kebanyakan orang. Namun siapa sangka, ketulusan hatinya untuk membantu kebutuhan medis bagi masyarakat di Kabupaten Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dikenal memiliki akses transportasi sangat terbatas itu, patut untuk mendapatkan apresiasi besar.

Salah satu upaya yang dilakukan Mansetus adalah dengan menyediakan 14 unit sepeda motor dan juga memberikan perawatan berkala secara gratis, bagi para tenaga medis seperti bidan, dokter, dan juga mantri yang bertugas melayani masyarakat yang membutuhkan perawatan di Larantuka.

Di wilayah itu yang memiliki geografis berada di bawah kaki gunung sekaligus wilayah pesisir. Akses transportasi terbilang masih sangatlah minim, alhasil warga sekitar lebih sering mengandalkan dukun untuk berobat jika terkena penyakit.

Baca juga: Jelang Lebaran, Shell Gelar Check-Up Gratis Bagi Pengemudi Truk & Pick Up

"Awalnya saya melihat kebutuhan kendaraan bagi para petugas medis seperti dokter, bidan, dan mantri itu sangat penting. Terlebih dalam keadaan darurat, jika menggunakan motor bisa lebih cepat menjangkau masyarakat," ungkap Mansetus saat berbincang dengan KabarOto di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Shell Advance - Libas Tantangan Kita

Inisiatif yang dilakukan Mansetus sendiri tercetus sejak awal tahun 2000 lalu. Di mana pasca berdiskusi dengan petugas kesehatan dan penyuluhan lapangan keluarga berencana di Larantuka, Ia mendapatkan kesimpulan bahwa angka kematian ibu dan anak di Flores terbilang cukup tinggi.

Berangkat dari diskusi itu, diketahui bahwa tingginya kematian tersebut dikarenakan petugas kesehatan terlambat datang, yang disebabkan oleh kurangnya transportasi yang memadai, serta kondisi jalan yang diketahui miliki medan yang menantang. Dua tahun berlalu, Ia bersama para rekannya pun memutuskan untuk mendirikan Yayasan Kesehatan untuk semua (YKS) NTT.

Melalui yayasan itu, Mansetus memperkenalkan program peminjaman sepeda motor, untuk dapat digunakan sebagai kendaraan para petugas kesehatan di Larantuka.

"Perjalanan kami untuk memperjuangkan kesehatan di Larantuka itu sangat panjang. Dari awal kami yang hanya memiliki sepeda motor Yamaha YT-115, saat itu ada bidan yang kesulitan untuk menggunakan motornya. Lalu kami beli Force1 bekas. Selanjutnya di tahun 2005, seluruh kendaraan kami ganti semua dengan Honda Revo," bebernya.

Shell Advance - Libas Tantangan Kita

Bentuk dukungan lainnya yang diberikan Mansetus CS sendiri tidak hanya sekadar meminjamkan sepeda motor saja. Namun Ia bersama anggota YKS juga turut memberikan pelatihan berkendara bagi para petugas medis, serta menyediakan jasa bengkel gratis bagi motor-motor yang dipinjamkan.

Melihat perjuangan Mansetus bersama para anggota YKS itu, nyatanya mampu menggugah Shell Lubricants untuk dapat mendukung usaha kerasnya dalam memperjuangkan kesehatan di Larantuka, yang diwujudkan melalui peluncuran kampanye bertajuk “Shell Advance – Libas Tantangan Kita”. Program itu merupakan bagian dari kampanye global “Shell Advance - Outride Anything” yang hadir di Indonesia sejak tahun 2018 lalu.

Dian Andyasuri, Direktur Pelumas PT Shell Indonesia mengatakan, "Melalui kampanye “Libas Tantangan Kita” Shell ingin memberikan dukungan, menyebarkan semangat positif dan mengajak para pengendara motor untuk berani melibas tantangan dan melalui rintangan untuk meraih kesuksesan dan membantu sesama," ujarnya.

Rio Dewanto

Sejalan dengan itu, Rio Dewanto, Brand Ambassador Shell Advance Indonesia menambahkan, "Upaya yang dilakukan Mansetus menurut saya sungguh luar biasa dalam menaklukan tantangan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar yang memang memiliki keterbatasan akses transportasi," paparnya.

Lebih jauh Rio pun menambahkan, "Saya pun terpanggil untuk turut menjadi bagian dalam program kampanye 'Shell Advance – Libas Tantangan Kita' dengan menyebarluaskan semangat Mansetus dan mengundang lebih banyak pengendara bermotor untuk melibas tantangan dan berkontribusi terhadap lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Baca juga: Tim Indonesia Yang Menggunakan Ban FDR Dominasi Kejuaraan Shell Eco Marathon 2019

Sekadar informasi, hingga saat ini Mansetus bersama YKS telah mendukung pelayanan kesehatan kepada lebih dari 32.000 penduduk di 44 desa di Larantuka, NTT.

Semangat dan energi positif dari Mansetus itu sejalan dengan pilar Unseen Heroes dari kampanye Shell untuk Indonesia, yang bertujuan memberikan dukungan bagi mereka yang memiliki peran besar di masyarakat, namun seringkali tidak terlihat. Kampanye ini sekaligus sebagai bentuk komitmen Shell untuk selalu memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.