Stephen Langitan Tuntaskan Solo Riding Jakarta-London

Stephen Langitan Tuntaskan Solo Riding Jakarta-London Stephen saat akan melakukan Solo Riding (KO/Dimas)

KabarOto.com - Stephen Langitan akhirnya menuntaskan Solo Touring dari Jakarta ke London, tepat waktu sesuai target, mulai tanggal 25 Maret 2018 sampai pada 17 Agustus 2018, yang diakhiri mengikuti upacara bendera di KBRI London.

Pria berkacamata itu melakukan misinya menggunakan Kawasaki Versys-X 250 Tourer. Walau tak sesuai rencana, karena awalnya Stephen berencana untuk melewati 30.000 KM, dan 30 negara.

Namun pada akhirnya ia harus puas melewati 22 negara, 27.000 KM, karena kondisi cuaca beberapa negara yang sedang tidak bagus, serta ada beberapa negara yang sedang rawan keamanan untuk dilewati turis asing.

"Kondisi cuaca dan keamanan beberapa negara yang sedang tidak kondusif, jadi kendala tersendiri. Semisal di Albania yang sedang rawan perampokan," ujar Stephen di Jakarta (23/8/2018).

Saat mampir di pegunungn Swiss

Negara-negara yang dilaluinya selama turing, antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, India, Nepal, Pakistan, Iran, Turki, Yunani, Italia, Vatikan, Monako, Spanyol, Andora, Prancis, Swiss, Austria, Jerman, Belanda, Belgia dan Inggris.

"Kami mengucapkan selamat kepada Stephen yang telah berhasil melakukan perjalanan ini. Selamat datang kembali ke Indonesia, kami sangat senang karena Kawasaki menjadi bagian atas perjalanan Stephen yang bersejarah ini," ucap Michael C. Tanadhi selaku Head Sales & Promotion Dept. Kawasaki Motor Indonesia.

Ada suatu kejadian yang paling menegangkan dirasakan oleh Stephen, saat ia harus melewati gurun pasir di Iran, yang mana pada saat itu sedang terjadi badai gurun yang sangat menghambat perjalanan. Badai gurun yang dilewati jaraknya hingga ratusan kilometer, ia harus memacu motornya sekencang mungkin agar tidak terbawa angin dan tertimbun oleh rumput.

Saat di Italia

Namun pada akhirnya Stephen bisa melewatinya dengan lancar. "Performa Versys-X 250 sangat memuaskan, tidak ada kendala apapun, suku cadangnya pun juga awet untuk berkendara jarak jauh. Kecepatan maksimal yang bisa saya capai adalah 145 kpj, saat di tol Jerman. Sudah terbukti Jakarta-London aman dan lancar," jelas Stephen.

Baca juga: Ini Motor Gahar Jokowi Yang Dipakai Saat Pembukaan Asian Games 2018