Marquez Samai Rekor Kemenangan Stoner

Marquez Samai Rekor Kemenangan Stoner Marc Marquez (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Europe)

KabarOto.com - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyamai rekor 38 kemenangan milik dua kali juara dunia, Casey Stoner, setelah merebut kemenangan ketiganya secara beruntun musim ini dalam balapan GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (20/5/2018).

Marquez memulai lomba di GP Prancis 2018 dengan start dari posisi kedua, di belakang rider tuan rumah, Johann Zarco. Namun saat balapan berlangsung, beberapa pembalap mengalami crash seperti yang dialami Andrea Dovizioso dan Johann Zarco.

Singkat cerita, Marquez pun sukses menyentuh garis finis pertama dengan selisih waktu 3 detik di belakang pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci di posisi kedua. Sementara tempat ketiga diraih pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi.

Baca Juga: Jelang GP Prancis, Marquez Termotivasi Raih 3 Kemenangan Beruntun

Kemenangan itu kian mengokohkan Marquez di puncak klasemen sementara dengan koleksi 95 poin, unggul 36 angka dari rival terdekat, Maverick Vinales yang berada satu strip dibawahnya. Kemenangan itu juga mengantarkan rider berusia 25 tahun tersebut menyamai catatan 38 kemenangan milik mantan pembalap Ducati Corse, Casey Stoner.

Stoner dan Marquez kini masing-masing berada di peringkat kelima dan keenam dalam daftar pembalap dengan kemenangan terbanyak di kelas tertinggi. Adapun posisi puncak dipegang oleh pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi dengan koleksi 89 kemenangan.

Baca Juga: Honda Gunakan Fairing Baru di Sesi Latihan Bebas GP Perancis

Peringkat kedua dipegang oleh 15 kali juara dunia, Giacomo Agostini dengan 68 kemenangan, dan peringkat ketiga diisi oleh lima kali juara dunia, Mick Doohan dengan 54 kemenangan. Sementara pembalap Ducati Corse, Jorge Lorenzo diperingkat keempat dengan 44 kemenangan,

Butuh 6 kemenangan bagi Marc Marquez jika ingin menyamai rekor kemenangan milik Jorge Lorenzo. Dengan performa impresif yang telah ditunjukkannya akhir-akhir ini, bukan tidak mungkin Marquez mampu menyamai rekor kemenangan Lorenzo mengingat balapan masih menyisakan 14 race tersisa musim ini.

Baca Juga: Marquez Cetak Hattrick Kokoh di Puncak Klasemen MotoGP 2018

Pembalap dengan Rekor Kemenangan Terbanyak di MotoGP:

1. Valentino Rossi - 89 kemenangan
2. Giacomo Agostini - 68 kemenangan
3. Mick Doohan - 54 kemenangan
4. Jorge Lorenzo - 44 kemenangan
5. Casey Stoner - 38 kemenangan
6. Marc Márquez - 38 kemenangan
7. Mike Hailwood - 37 kemenangan
8. Eddie Lawson - 31 kemenangan