Masih Musim Hujan Dan Lembab, Pecinta Helm Wajib Simak Tips Ini

Masih Musim Hujan dan Lembab, Pecinta Helm Wajib Simak Tips Ini Kipli, KO

KabarOto.com - Helm merupakan salah satu perangkat keselamatan yang wajib digunakan saat berkendara terutama kendaraan roda dua. Helm saat ini sudah wajib SNI atau Standar Nasional Indonesia. Hal tersebut agar membuat para pengendara lebih aman saat berkendara.

Seiring perkembangan zaman, helm kini juga tidak hanya menjadi perlengkapan keselamatan para bikers saat berkendara, namun juga bisa meningkatkan penampilan saat di jalanan, serta menambah rasa percaya diri.

  1. Jangan taruh helm sembarangan

Saat sedang diparkir, gunakan sarung helm agar terhindar dari panas atau matahari langsung. Hindari menaruh helm di spion, hal tersebut agar mengurangi potensi helm lecet karena terjatuh.

"Bisa disimpan di tas helm, lalu membawanya atau menaruh helm dengan mengaitkannya di atas jok motor kemudian simpan di bagasi motor agar helm selalu aman dari hujan, ataupun pencuri," ujar Giri Pranata selaku Area Service Development at PT Lautan Teduh Interniaga.

Simpan helm dengan rapi, menutupnya dengan kain atau dengan cara dibungkus. "Hal ini dilakukan supaya tidak ada debu yang menempel atau bahkan dimasuki laba-laba hingga membuat sarang di helm," imbuhnya.

Baca Juga: Tips Menerawang Bodi Dan Biaya Restorasi Mobil Klasik Sebelum Meminangnya

  1. Hindari menggunakan helm saat rambut basah

Sering diantara kita bepergian menggunakan helm setelah mandi dan berkeramas, terlebih saat pagi hari hendak bekerja atau saat sedang terburu - buru.

Rambut yang basah akan membuat bagian dalam helm lebih cepat bau dan apek. Terlebih jika menggunakan minyak rambut, maka bagian dalam helm menjadi sangat lengket dan jika dibiarkan dalam waktu lama, bau helm menjadi tidak sedap.

"Coba gunakan shower cap tipis saat sedang memakai pomade atau baru keramas. Shower cap akan mencegah rambut yang masih basah atau menggunakan pomade bersentuhan langsung dengan helm," tutur Giri.

  1. Cuci helm minimal 1 bulan sekali

Helm yang dipakai setiap hari rentan sekali memunculkan bau yang tak sedap. Oleh karena itu, menurutnya rutin mencuci helm 1 bulan sekali bisa jadi solusi.

Tentu, intensitas mencuci helm sekali dalam sebulan bukanlah pedoman yang wajib, tentu bisa disesuaikan dengan rutinitas pemakaian dan kondisi helm.

Jika merasa bahwa dalam 2 minggu helm sudah sangat bau dan perlu dicuci, maka segera cuci. Saat ini jasa pencucian helm sudah cukup banyak.

Baca Juga: Simak Tips Menjaga Kebersihan Bodi Dan Mesin Mobil Saat Musim Hujan

  1. Perhatikan cara mencuci helm yang benar

Mencuci helm tentu tidak bisa sembarangan karena helm terdiri dari beberapa bagian dengan material yang berbeda-beda.

Butuh perlakuan khusus pada tiap bagiannya jika Anda menginginkan helm Anda lebih awet. Apabila anda tidak ingin repot saat mencuci helm, laundry helm pun sekarang sudah banyak tersedia. Namun, jika ingin mencucinya sendiri, maka bisa memperhatikan langkah-langkah mencuci helm yang benar seperti di bawah ini :

  • Copot semua bagian pada helm, seperti kaca, spons bagian dalam, lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Karena terdapat bagian yang rentan patah atau sobek.
  • Pisahkan part dan simpan dengan benar agar tidak tercecer dan mudah untuk dicari kembali
  • Untuk bagian spons atau bagian yang lembut anda bisa merendam dengan menggunakan sabun. Rendam minimal 1 jam, sikat halus dan perlahan jika terdapat bagian yang kotor, lalu bilas. Jika masih kotor anda bisa mengulang 2 – 3 kali biar hasil lebih baik.
  • Untuk bagian yang keras bisa anda bersihkan dengan air sabun serta lap dengan kain microfiber. Untuk sela sela yang tidak terjangkau bisa menggunakan cotton bud.
  • Setelah semua bagian helm dirasa sudah dibersihkan, jemur helm di matahari langsung atau keringkan dengan pengering. Apabila menggunakan pengering anda bisa melakukan dengan hati-hati karena terlalu lama terkena panas akan merusak bagian dari helm.
  • Setelah helm selesai simpan helm ditempat yang tidak lembab serta disarankan untuk menggunakan sarung helm agar lebih tahan lama