POPULAR STORIES

Masuki Akhir Tahun, Ini Tips Membeli Mobil Baru

Masuki Akhir Tahun, Ini Tips Membeli Mobil Baru

KabarOto.com - Ada berbagai tips untuk Sobat kabarOto yang mempertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan membeli secara tunai. Berikut tips membeli mobil secara tunai dari Asuransi Lifepal.

Tentukanlah waktu membeli mobil dalam waktu minimal 6 bulan atau satu tahun sebelumnya. Membeli mobil tentu membutuhkan perencanaan yang baik. Membeli mobil secara tunai tanpa perencanaan waktu justru akan menguras tabungan dalam jumlah besar.

Jika berniat membelinya tahun depan, maka besar kemungkinan harganya tidak lagi sama dengan di tahun ini. Anggap saja harga mobil yang Anda ingin beli saat ini adalah Rp 200 juta. Maka berapa harga mobil tersebut di dua tahun lagi jika asumsi kenaikan harganya mencapai 10%?

Lakukanlah perhitungan dengan menggunakan metode time value of money.

PV (Present Value) = Rp 100 juta
n (jangka waktu) = 25 tahun
i (bunga/tingkat inflasi) = 10%
FV (Future Value) = ?
FV = PV (1+n)i
FV = Rp 200 juta (1+0,1)2 = Rp 242 juta

Baca Juga: Banjir Melanda, Lindungi Mobil Sobat KabarOto Pakai Tips Ini

Ketika Sobat KabarOto berniat membeli mobil dua tahun ke depan yang harganya Rp 242 juta, kumpulkanlah dana di instrumen investasi rendah risiko.

Dengan berinvestasi, proses pengumpulan dana yang Anda lakukan akan menjadi lebih ringan. Hal itu disebabkan karena imbal hasil beberapa produk investasi jelas melebihi bunga di tabungan bank.

Beberapa instrumen investasi yang bisa Anda pilih untuk tujuan di bawah satu tahun hingga tiga tahun adalah deposito, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan surat utang negara. Bila Anda memilih reksa dana, maka Anda bisa melakukan investasi dengan metode cost averaging atau berkala.

Pilihlah mobil sesuai dengan kebutuhan Sobat KabarOto. Bila sudah berumah tangga dan tinggal di wilayah rawan banjir, mobil 7 penumpang dengan ground clearance tinggi tentu menjadi pilihan yang cerdas.

Usahakan untuk meminta diskon, Sobat KabarOto bisa mengalokasikan sisa dana untuk membeli mobil ke kebutuhan lain, sebut saja untuk menambah dana darurat (bila kurang) atau membayar asuransi mobil. Harga mobil kondisi baru namun produksi lama umumnya akan diberi diskon oleh diler.