POPULAR STORIES

Masuki PSBB Transisi, Operasional Transjakarta Berangsur Normal

Masuki PSBB Transisi, Operasional Transjakarta Berangsur Normal Ilustrasi Bus Transjakarta (TJ)

KabarOto.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota. Menurut jadwal, PSBB di Jakarta diperpanjang hingga akhir Juni 2020.

"Kami di gugus tugas memutuskan menetapkan status PSBB di DKI Jakarta diperpanjang. Dan menetapkan bulan Juni ini sebagai masa transisi," ujar Anies dalam siaran YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (4/6).

Baca Juga: Cek Persiapan New Normal, Presiden Jokowi Naik Mobil Baru Ke Bekasi?

Sejalan dengan hal tersebut, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menerapkan sejumlah aturan, bagi penumpang dalam transportasi umum selama masa PSBB transisi di ibu kota.

"Setiap penumpang diminta hanya menduduki kursi yang tidak diberi tanda 'X' dan berdiri pada tanda yang sudah disediakan," ujar Nadia Diposanjoyo, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini jam operasional layanan bus Transjakarta juga telah kembali normal, yakni mulai pukul 05.00 sampai 22.00 WIB.

Meski telah normal kembali, namun PT Transjakarta tetap memberlakukan pembatasan jumlah penumpang sebanyak 50 persen.

Jam operasional normal

Artinya, setiap bus hanya dapat mengangkut penumpang maksimal sebanyak 60 orang untuk bus gandeng dan 30 penumpang untuk bus besar.

"Jarak antar penumpang dalam bus pun harus berada pada kisaran satu lencang tangan," tutur Nadia dalam keterangannya.

Ia pun menyarankan, agar calon penumpang mengantre di ruang terbuka selama menunggu kedatangan bus. Jarak setiap orang dalam antrean, juga sudah diatur sejauh satu meter dan tidak saling kontak fisik.

Wajib menjaga jarak

"Penumpang diwajibkan menggunakan masker selama berada di lingkungan Transjakarta, serta melarang penumpang berbicara baik secara langsung maupun via sarana telepon," jelas Nadya.

Baca Juga: Mobil Baru Dengan Diskon Di Atas Rp 100 Juta

Saat ini terdapat 26 rute BRT maupun Non BRT yang yang sudah mulai beroperasi. Rute tersebut antara lain BRT Blok M-Kota (koridor 1), Pulogadung 1-Harmoni (2), Kalideres-Pasar Baru (3), Kalideres-Gelora Bung Karno (3F), dan Pulogadung 2-Tosari (4).

"Sedangkan untuk rute Non BRT antara lain, Stasiun Palmerah-Tosari (1B), Tanah Abang-Stasiun Gondangdia (1H) dan St Manggarai-Bundaran Senayan (6M)," pungkas Nadya.