POPULAR STORIES

Matthias Bayangi 2 Pereli Monster Energy Honda Di Klasemen Dakar 2020

Matthias Bayangi 2 Pereli Monster Energy Honda di Klasemen Dakar 2020 Matthias Walkner foto: KTM

KabarOto.com - Hari ketiga, (7/1), di 2020 Dakar Rally terbukti sangat sulit bagi para peserta. Tahapan rute sepanjang 504 kilometer ini menuntut 427 kilometer (Special Stage) untuk melewati ngarai dan tanjakan menuju pegunungan di utara Arab Saudi.

Masalah GPS yang memengaruhi semua peserta, mengakibatkan banyak pereli terdepan tidak dapat menemukan titik arah. Mengakibatkan panitia mengambil hasil dari kilometer ke-389 dan bukan kilometer ke-427 seperti yang direncanakan sejak di awal.

Baca juga: Penghalang Matahari Canggih dari Bosch

Kevin Benavides tuntaskan etape 3

Start dari posisi kedelapan, Matthias Walkner (Red Bull KTM Factory) menyelesaikan rintangan pada tahap ketiga ini dan berhasil menempatkan namanya di posisi keempat. runner-up Dakar 2018 tersebut membukukan waktu tercepat keempat di bawah Kevin Benavides dari tim Monster Energy Honda dengan rentang waktu satu menit.

“Saya melesat dengan baik hari ini dan saya sangat senang hasilnya. Motor juga tak ada masalah, tidak ada kendala dan performanya sangat baik. Dari awal hari ini, navigasi sangat rumit dan saya harus sangat fokus dan berkonsentrasi penuh di lintasan. Saya hampir menghantam batu besar yang tersembunyi di balik pasir, sulit untuk menemukan yang tepat antara mempertahankan kecepatan yang stabil dan bernavigasi,” ujar Matthias Walkner.

Sementara itu Sam Sunderland sang runner up pada tahap kedua hanya dapat finis di posisi ke 14. Navigasi yang baik sepanjang medan, Sam menikmati kecepatan yang baik, tetapi ia mengalami kendala pada GPS dan harus puas finis di posisi 15. Terlepas dari itu, Sunderland juga harus turun ke posisi 9 klasemen keseluruhan dari posisi pertama.

Sam Sunderland terkendala GPS

“Etape ketiga saya bermasalah kecil pada GPS, tetapi setelah itu saya bisa melesat dan membuka jalan ke depan. Saya pikir semua yang dilakukan hari ini sangat baik dengan tidak melakukan banyak kesalahan dengan masalah GPS tersebut,” tambah Sam Sunderland yang membuat posisi di klasemen.

Pada etape ketiga, Ricky Brabec dan Kevin Benavides yang merupakan rekan setim di Monster Energy Honda menempati puncak klasemen di posisi 1 dan 2. Sedangkan Walkner masih berada di posisi tiga klasemen sementara.

Tahap empat dari Dakar Rally 2020 akan menjadi hari yang panjang bagi para pereli. Dari Neom, peserta akan menuju ke selatan melalui sepanjang pantai Laut Merah kemudian diiringi dengan 672 kilometer lintasan yang berpasir dan berkerikil yang akhirnya akan finis di Al-‘Ula. [Bagus]