Mau Beli Mobil Peugeot Bekas? Perhatikan Bagian Ini

Mau Beli Mobil Peugeot Bekas? Perhatikan Bagian Ini

KabarOto.com - Peugeot mobil asal Prancis yang dirasakan penggemarnya cukup nyaman. varian-varian 806, 306, 405, 406 dan 407. Saat dan masih banyak lagi menghiasi jalan Ibu kota. Harga bekas Peugeot dibanding merek lain cukup jatuh. Harga kisarannya mulai dari puluhan juta sampai ratusan juta tergantung model dan tahun pembuatannya.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli mobil ini ada baiknya memperhatikan beberapa hal, jangan sampai setelah membeli banyak masalah yang dialami dan bukan untung malah jadi tekor.

Baca Juga: Peugeot Pajang Beragam Model Di Beijing International Automotive Exhibition 2020

Hadi Taruna, pemilik bengkel khusus Peugeot bernama Engineblock Auto Works memberikan beberapa tips memilih Peugeot bekas. Paling penting, menurut dia tes mobil dengan jalan jauh. "Jalan jauh untuk menguji temperatur masih baik atau tidak, dingin enggak," jelas pria yang biasa dipanggil Hatar.

Jika mobil dengan transmisi otomatis, harus dilakukan pengetesan sejauh-jauhnya. "Otomatis itu paling sering kena temperaturnya, bermasalah kalau sudah panas," terang Hatar. Dia menyarankan untuk masuk ke jalan tol, dengan kecepatan minimal 80 - 90 kpj.

Untuk mobil dengan sistem injeksi, Hatar menyarankan harus melihat bagian kabel-kabelnya. "Lihat relay-nya, apa ada yang pernah di-jumper, atau sudah banyak dibongkar. Nanti itu jadi masalah," tambah Hatar lagi.

Nah yang terpenting, jika mobil sudah menggunakan teknologi Immobilizer. Immobilizer adalah fitur canggih yang semakin banyak digunakan oleh mobil-mobil keluaran terbaru. Cara kerja immobilizer akan mematikan mesin jika mobil dinyalakan dengan paksa atau menggunakan kunci lain. Bisa dikatakan teknologi ini aman dari pencurian.

Baca Juga: Pemilik Peugeot Lawas Dan Baru, Bisa Nikmati Promo Servis Ini

Hatar menjelaskan, jika Peugeot yang sudah menggunakan sistem tersebut, pengecekkannya harus di bengkel, untuk diagnosa sistem. "Fungsi-fungsinya mesti dicek pakai alat, tidak bisa dengan mata saja," terang dia.

Jika penjual takut dan tidak mau untuk membawa mobilnya ke bengkel, berarti ada masalah pada mobil itu. "Ya enggak jadi, tinggalin aja, kemungkinan ada masalah di mobilnya," terangnya lagi.

Untuk interior menjadi nomor sekian menurut Hatar. Karena bagian ini cukup mudah untuk mengubahnya menjadi lebih rapi. "Interior nanti bisa dirapihin, yang penting hal tadi saya sebutkan saja," paparnya.