POPULAR STORIES

Mau Ke Geopark Ciletuh? Ini Dia Jalur Asyik Menuju Ke Sana

Mau ke Geopark Ciletuh? Ini Dia Jalur Asyik Menuju ke Sana KabarOto goes to Ciletuh

KabarOto.com - Keindahan Geopark Ciletuh belakangan menjadi destinasi tempat wisata yang banyak diperbincangkan. Pesona alam yang indah, yang dibalut dengan hamparan Pantai Selatan kerap menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk sekadar menikmati keindahan alam.

Nah, jika Anda ingin berlibur kesana, setidaknya Anda perlu mengetahui rute atau jalur mana saja yang harus dilalui, mengingat jalur dari Jakarta hingga Ciletuh terbilang cukup menantang.

Berdasarkan rute perjalanan yang ditempuh redaksi KabarOto.com, setidaknya dari kawasan BSD City, Tangerang hingga Ciletuh menempuh jarak kurang lebih 150-an kilometer menggunakan mobil SUV, DFSK Glory 580. Perjalanan pun dilakukan sejak pagi hari dan kurang lebih memakan waktu 4 jam 30 menit.

Baca juga: Touring Asyik Tim KabarOto.com Ke Geopark Cileutuh

Berikut ini redaksi KabarOto mencoba untuk merangkum petunjuk arah menuju Ciletuh dari Jakarta dan Bogor dengan rute yang terbilang cukup ekstrem, namun mempertontonkan pemandangan yang indah.

Geopark Ciletuh

Jika berasal dari Jakarta, Anda bisa menuju tol Jagorawi, dan keluar di pintu terakhir, pintu Ciawi, Bogor. Setelah keluar, arahkan kendaraan Anda lurus di perempatan Ciawi ke Sukabumi. Jika menggunakan roda dua, bisa lewat Jalan Raya Cihideung-Cigombong lalu ke Jalan Raya Benda.

Selanjutnya, dari Jakarta ataupun Bogor akan melalui Jalan Raya Benda. Dari sana, Anda teruskan kendaraan ke arah Parungkuda di Jalan Raya Sukaraja-Sukabumi hingga pertigaan Pamuruyan. Di pertigaan tersebut ada pilihan jalur Cikidang atau Cibadak. Berdasarkan hasil pengujian KabarOto, jalur Cikidang mampu memangkas waktu 1,5 hingga 2 jam.

Di jalur ini memiliki kontur jalan yang beragam, mulai dari kelokan tajam di sisi perbukitan dan jurang. Untuk melakukan perjalanan saat malam hari, KabarOto pun merekomendasikan untuk memilih jalur Cibadak, meski lebih lama tetapi ramai dan lebih aman. Jalur Cibadak lebih landai walau juga banyak kelokan.

KabarOto goes to Ciletuh

Setelah melalui Cikidang, Anda bisa teruskan kendaraan arah Pelabuhan Ratu-Ciletuh. Sekitar 45 menit Anda akan sampai daerah Bagbagan dan Simpang Loji. Di simpang Loji inilah terdapat pertigaan. Dari sana Anda akan bisa memilih untuk melalui jalur kanan yang merupakan rute yang KabarOto tempuh menuju Geopark Ciletuh.

Dari sana Anda akan turun ke arah bawah, ke Cibutun, Muara Cisaar, lewat jembatan baru Cisaar. Jika melalui jalur tersebut mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sisi pantai yang biru dengan angin sepoi-sepoi, melalui jalur berkelok dan naik turun tetapi tidak terlalu curam. Setelah sekitar 40 menit, Anda akan disambut indahnya Puncak Darma, Kecamatan Ciemas.

Keindahan Pantai Cisaar dan Puncak Darma menjadi pertanda Anda sudah memasuki kawasan Geopark Ciletuh, dan akan menuju ke Pantai Palangpang pusat Geopark Ciletuh, melewati beberapa air terjun atau curug. Sedangkan jalur lama harus memutar, melewati Kiara Dua, Simpang Waluran, Malereng, Taman Jaya, hingga Pantai Palangpang.