POPULAR STORIES

Mau Kendarai Motor Trail Di Jalur Off-Road, Siapkan Perlengkapan Ini Agar Aman

Mau Kendarai Motor Trail di Jalur Off-Road, Siapkan Perlengkapan Ini agar Aman Pencinta off-road gunakan Honda CRF 150

KabarOto.com - Mengendarai motor trail sangat menyenangkan, memacu adrenalin yang tinggi, bisa berada di alam terbuka yang segar tanpa ada kendaraan lain yang melintas. Untuk itu, biasanya pencinta motor trail yang gemar melintas di jalan off-road berbatu, pasir, tanah sampai sungai begitu menikmatinya, meski medan yang dilalui berat.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara ke jalur off-road. Mulai dari menyiapkan sepeda motor yang prima hingga perlengkapan berkendara atau riding gear yang tepat. Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), memberikan informasi perlengkapan berkendara yang wajib digunakan.

Baca Juga: Akhir Pekan Ini Ada Balap Motor Trail Dan Uji Ketahanan Bikers Di Bogor

1. Helm
Helm fungsinya sangat penting, baik untuk berkendara on-road maupun off-road. Khusus untuk berkendara di jalur off-road, helm yang digunakan adalah helm cross dengan bentuk bagian rahang lebih panjang.

Pakai helm khusus agar kepala terlindung maksimal

Bagian rahang dibuat lebih panjang, agar mempermudah pengendara bernafas dengan sirkulasi udara yang lebih baik namun tetap melindungi bagian rahang. "Di bagian atas atau pet cross berfungsi melindungi tubuh dari ranting pohon ataupun benda lainnya yang dapat membahayakan wajah pengendara," terang Ludhy.

Gunakan perlengkapan yang memadai

2. Goggle Helm
Goggle di helm berfungsi untuk melindungi mata kontak langsung dengan benda yang berbahaya. Berfungsi sama seperti visor pada helm pada umumnya, namun Goggle dibuat terpisah karena bertujuan mempermudah pengendara bernafas secara bebas dengan kondisi di jalur off-road yang tidak dapat di prediksi sehingga dapat mengurangi kemungkinan munculnya embun di kaca google yang dapat menganggu visibilitas pengendara.

3. Body Protector
Body protector yang harus digunakan oleh offroader adalah protector pada bagian dada, leher, sikut, dan lutut. “Semua bertujuan untuk melindungi pengendara dari benda-benda keras ketika berkendara di jalur off-road,” kata Ludhy.

Sepatu yang tinggi agar terhindar dari cidera

4. Sepatu
Sepatu yang digunakan untuk berkendara di jalur off-road sebaiknya menggunakan sepatu berjenis cross atau boots karena akan melindungi bagian telapak kaki hingga betis dari benda-benda keras di jalur off-road dan juga melindungi kaki pengendara jika tertimpa oleh motor jika terjatuh.

Baca Juga: Cara Sederhana Merawat Motor Trail

Gunakan sarung tangan agar terlindungi, pilih yang nyaman

5. Sarung Tangan
Sarung tangan yang digunakan sebaiknya menggunakan sarung tangan khusus untuk off-road dengan bahan kain di bagian atas dan berbahan kulit di telapak tangannya. “Hal ini bertujuan membuat pengendara lebih leluasa dalam menggerakkan jari-jarinya,” tutup Ludhy.