POPULAR STORIES

Mau Touring Tahun Baru? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Mau Touring Tahun Baru? Perhatikan Beberapa Hal Ini Perjalanan jauh tentu akan lebih aman dan nyaman jika sepeda motor berada dalam kondisi prima (Foto: Prasso/ KO)

KabarOto.com - Bagi komunitas, kegiatan touring atau riding jadi agenda yang tentunya mengasyikkan. Selain bercengkrama dengan kerabat, touring dan riding juga dapat mempererat tali silaturahmi sesama anggotanya. Nah, walaupun terasa seperti saudara, ada beberapa hal yang setidaknya bisa dipersiapkan sendiri agar tak tergantung pada kawan, guys!

Saat KabarOto melakukan touring beberapa waktu silam ke Ciletuh, Jawa Barat, ada beberapa hal penting yang wajib jadi prioritas utama.

Yang pertama adalah estimasi waktu, dari keberangkatan sampai kembali tiba di rumah. Selain berkendara dengan tenang dan nyaman, touring juga tak bisa dinikmati jika terlalu terburu-buru dan berbahaya pula bagi keselamatan. Tentunya, penentuan waktu juga berdampak pada biaya dan barang-barang yang harus dibawa.

Baca Juga: Menikmati Petualangan 2 Alam 368 Kilometer Dengan Honda CRF 250 Rally

Sebelum berangkat, kenali terlebih dahulu jalur yang akan dilewati. Hal ini berpengaruh pada manajemen pengisian bahan bakar, waktu istirahat, dan makan. Pengenalan jalur dapat membantu Anda untuk menentukan jalur alternatif seandainya jalan utama mengalami kemacetan atau pun perbaikan.

Persiapkan biaya yang cukup selama perjalanan. Dalam artian, Anda juga harus memiliki dana cadangan yang dapat diandalkan ketika sepeda motor tiba-tiba mengalami masalah. Biaya ini juga termasuk pengeluaran penginapan, makan, dan tentunya bahan bakar.

Selain motor, kenyamanan saat touring juga dipengaruhi oleh pakaian. Usahakan, sesuaikan riding-gear dengan kondisi jalan dan cuaca yang akan dilalui. Persiapkan juga jas hujan dan pakaian ganti.

Perjalanan jauh tentu akan lebih aman dan nyaman jika sepeda motor berada dalam kondisi prima. Karena itu, Sobat Kabaroto perlu membawa tunggangan kesayangan ke bengkel untuk diperiksa sebelum touring.