Maverick Vinales Resmi Tinggalkan Monster Energy Yamaha Akhir Musim 2021

Maverick Vinales Resmi Tinggalkan Monster Energy Yamaha Akhir Musim 2021

KabarOto.com - Berita mengejutkan datang dari pihak Monster Energy Yamaha, mereka mengumumkan perihal perpisahan dengan salah satu pembalap andalannya di MotoGP.

Yup, diberitakan bahwa Maverick Vinales yang akan berpisah dengan pihak Monster Energy Yamaha pada akhir musim 2021 ini. Setelah rumor berkembang pesat pada GP Motul TT Assen, berita tersebut membuka jalan bagi Vinales untuk menandatangani kontrak dengan Aprilia untuk musim 2022.

Keputusan pisah Vinales dengan tim tersebut satu tahun lebih awal, menyusul permintaan pembalap asal Spanyol itu dengan pihak Yamaha untuk mengakhiri kontrak.

Baca juga: Ini Strategi Yamaha Untuk Meningkatkan Performa Vinales

Vinales bergabung dengan Yamaha sejak 2017, mantan Juara Dunia Moto3 ini juga tidak pernah gagal finis di luar enam besar di MotoGP bersama Yamaha, juga finis ketiga pada 2017 dan 2019.

Namun, setelah finis terakhir di GP Jerman satu pekan lalu, hubungan itu jelas memburuk. Bahkan finis kedua di Motul TT Assen pada hari Minggu tidak dapat menyelamatkan hubungannya, dengan Vinales sekarang sangat terkait untuk menandatangani kontrak dengan Aprilia untuk 2022.

"Kemitraan ini sangat penting bagi saya selama lima tahun terakhir, dan itu membuktikan keputusan yang sulit untuk berpisah. Di musim-musim ini bersama, kami mengalami pencapaian hebat dan masa-masa sulit. Namun, perasaan yang mendasarinya adalah saling rasa hormat dan penghargaan. Saya berkomitmen penuh dan akan berusaha untuk mencapai hasil terbaik untuk sisa musim ini," ujar Maverick Vinales.

Baca juga: Hasil MotoGP Qatar 2021: Maverick Vinales Kalahkan Duet Ducati

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing merasa sangat sedih dengan keputusan Vinales. Setelah kebersamaan selama lima musim dan mencapai hasil terbaik selama MotoGP.

"Setelah GP Jerman, yang merupakan akhir pekan tersulit dalam kemitraan kami, kami melakukan diskusi penting di Assen dan sampai pada kesimpulan bahwa kepentingan kedua belah pihak untuk berpisah. Di masa depan, Yamaha akan berusaha maksimal seperti yang selalu kami lakukan untuk memberikan dukungan penuh kepada Maverick dan menyelesaikan musim ini dengan cara terbaik," tutup Lin Jarvis.