Max Verstappen Mantapkan Posisi Pertama GP Emilia Romagna

Max Verstappen Mantapkan Posisi Pertama GP Emilia Romagna

KabarOto.com – Max Verstappen (Red Bull Racing) tampil luar biasa di GP Imola, Italia, memulai start dari posisi P3, ia mampu mengukuhkan tempat pertama. Pada laga kali ini cukup diwarnai banyak kejadian kecelakaan, kondisi trek basah pun jadi masalah tersendiri.

Di lap kedua dari total 63 lap, safety car masuk trek akibat insiden yang melibatkan Nicholas Latifi (Williams), Nikita Mazepin (Haas), dan Esteban Ocon (Alpine). Saat formasi di belakang safety car, Mick Schumacher (Haas) mengalami kecelakaan hingga sayap depannya hancur, ia kehilangan kontrol saat keluar pit lane ketika berusaha memanaskan ban.

Baca juga: Lakoni Kualifikasi Awal GP Imola, Yuki Tsunoda Kecelakaan

Sampai lap 21, Verstappen memimpin atas Lewis Hamilton (Mervedes-AMG Petronas) dan Charles Leclerc (Ferrari). Hamilton tertinggal hingga 5 detik dari Verstappen. Juara dunia tujuh kali itu sempat merebut P1 dari Verstappen setelah pembalap Belanda itu masuk pit di lap 28. Satu lap kemudian, Hamilton melakukan pergantian ban, tapi kru Mercedes butuh 4 detik sehingga P1 kembali ke tangan Verstappen.

Pada lap 31, Hamilton yang baru mengganti ban medium, harus alami keluar lintasan dan menghantam dinding pembatas di Tosa. Untungnya ia mampu kembali ke trek, namun posisinya merosot ke P9 dan sayap depan mobil mengalami kerusakan.

Safety car kembali masuk lintasan pada lap 34, setelah kecelakaan hebat yang dialami George Russell (Williams) dengan Valtteri Bottas (Mercedes-AMG Petronas). Saat itu, Russell berusaha melewati Bottas namun terjadi senggolan sehingga keduanya keluar lintasan di Tamburello.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 Imola 2021: Tercepat, Lewis Hamilton Pole Ke 99

Hamilton pun memanfaatkan situasi safety car itu untuk ke pit mengganti sayap depannya. Tidak berapa lama, bendera merah muncul sebagai tanda membersihkan serpihan akibat kecelakaan.

Hamilton mulai menyusul Kimi Raikkonen (Alfa Romeo), Lance Stroll (Aston Martin) dan Daniel Ricciardo (McLaren), lalu baru berhasil menyusul Carlos Sainz Jr (Ferrari) pada lap 50. Beruntung, mobil Lando Norris (McLaren) mengalami masalah pada lap 51 dan baru lap 60 Hamilton bisa merebut P2.

Max Verstappen mampu bertahan hingga habiskan 63 lap, dan pada akhirnya menyentuh finis pertama GP Emilia Romagna untuk memastikan kemenangan pertamanya di F1 musim ini.

Berikut hasil GP Emilia Romagna 2021 :