POPULAR STORIES

Max Verstappen Masuk Daftar 10 Pembalap Peraih Podium Terbanyak

Max Verstappen Masuk Daftar 10 Pembalap Peraih Podium Terbanyak Red Bull Content Pool

KabarOto.com – Setelah kemenangannya di Grand Prix Miami akhir pekan kemarin (9/4), Max Verstappen (Red Bull) mencatat rekor baru di mana ia mencetak waktu tercepat yakni 1:31,361 detik, dan menorehkan namanya masuk sebagai 10 pembalap F1 yang paling banyak meraih podium.

“Rasanya luar biasa menang di Miami, seluruh atmosfer akhir pekan ini luar biasa dan menang di Amerika Serikat selalu merupakan perasaan yang menyenangkan. Merupakan balapan berat secara fisik, Saya pikir saya kehilangan sekitar 3 kg,” papar Verstappen.

Ia bersaing di F1 pada usia 17 tahun, lalu mencetak poin pertamanya pada 2016 menjadi pemenang balapan termuda pada usia 18 tahun 228 hari. GP Miami kemarin jadi laga ke 146 kalinya sepanjang karir sejak 2015.

Baca Juga : Hasil F1 Miami 2022: Max Verstappen Tekuk 2 Pembalap Ferrari

Hasil kemarin juga mencatatkan podium ke 63-nya sepanjang karir, membuat namanya bertengger di posisi 10 besar pembalap peraih podium terbanyak. Di atasnya ada nama Valtteri Bottas (Alfa Romeo) dengan 67 podium, namun nampaknya bukan hal sulit menyalip rekor itu, mengingat performa pembalap Belanda musim ini.

Rekor pembalap paling banyak meraih podium saat ini dipegang oleh Lewis Hamilton (Mercedes) dengan 183 podium. Diikuti oleh Michael Schumacher dengan 155 podium, lalu Sebastian Vettel (Aston Martin) yang mengantongi 122 podium.

Lalu legenda balap Alain Prost mencatat 106 podium, di bawahnya ada ‘The Ice Man’ Kimi Raikkonen yang meraih 103 poin sebelum memilih pensiun musim lalu. Fernando Alonso (Alpine) juga masih bersaing setelah mengantongi 93 podium sepanjang karirnya.

Alain Prost.

Urutan ketujuh ada legenda lainnya, yakni Ayrton Senna dengan 80 podium. Sayang karirnya harus berhenti akibat kecelakaan besar yang merenggut nyawanya di GP San Marino pada 1994 silam.

Baca Juga : Sempat Alami Masalah Teknis, Max Verstappen Akhirnya Lanjutkan Catatan Positif

Ayrton Senna.

Setelahnya ada pembalap Brazil, Rubens Barrichello yang mengumpulkan 68 podium sepanjang karirnya dari 1993 hingga 2011, dan telah melakukan sekitar 326 start.

Pembalap F1 Dengan Podium Terbanyak :