POPULAR STORIES

Sempat Alami Masalah Teknis, Max Verstappen Akhirnya Lanjutkan Catatan Positif

Sempat Alami Masalah Teknis, Max Verstappen Akhirnya Lanjutkan Catatan Positif Foto: ExxonMobil dan Formula 1

KabarOto.com - Balapan Formula 1 yang berlangsung di Miami International Autodrome, Amerika Serikat, awalnya sempat membuat kecewa Max Verstappen (Red Bull Racing). Ia harus kehilangan posisi start terdepan (pole position), kesalahan pada kualifikasi 3 (Q3) membuat pembalap Belanda tersebut harus turun posisi start.

Verstappen harus puas menempati posisi start ketiga, masalah teknis menjadi kendala untuk meraih posisi start terdepan. Ia pun berkonsultasi dengan tim mekanik perihal kendala pada RB18 tunggangannya.

Masalah hidrolik menjadi penyebab Verstappen, mengalami kesulitan diputaran akhir kualifikasi. Akhirnya tim pun melakukan perbaikan dan evaluasi bagian girboks, jelang balapan yang berlangsung pada Minggu kemarin (08/05).

Baca juga: Hasil F1 Miami 2022: Max Verstappen Tekuk 2 Pembalap Ferrari

Aksi Verstappen saat menyalip Charles Leclerc dari sisi luar

Lintasan sirkuit Miami International Autodrome yang membentang sepanjang 5,4 km, mencatatkan kemenangan Verstappen untuk pertama kalinya di sirkuit tersebut. Berkat perbaikan hidrolik dan evaluasi girboks tadi, Verstappen sanggup menjadi yang tercepat dengan mencatatkan waktu 1:31,361 detik.

Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) sempat memimpin lomba, keunggulan pemegang pole position di manfaatkan. Verstappen terus membayangi Leclerc, namun ia juga harus waspada karena Carlos Sainz Jr (scuderia Ferrari) tepat berada di belakangnya.

Namun pada lap 9, ditikungan pertama dengan memanfaatkan DRS, ia berhasil menyalip Leclerc. Dan kemudian melaju tanpa ada halangan di depan untuk memenangkan balapan di Miami tersebut. Sementara rekan satu tim Verstappen, yakni Sergio Perez harus puas menempati posisi 4. Verstappen menyelesaikan balapan sebanyak 57 lap dengan total 308,3 km, diselesaikan dalam waktu 1 jam 34:24,258 detik.

"Verstappen menyelesaikan lomba dengan luar biasa, kemenangan ini melanjutkan tren positip sebelumnya dengan meraih kemenangan di Italia. Start dari posisi 3 tidak menjadi halangan untuk menjadi yang tercepat, walaupun secara performa dari kompetitor juga termasuk kencang," ungkap Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI).

Baca juga: McLaren Dan Red Bull Racing Berjudi Untuk Musim 2022, Mengadopsi Suspensi Pull-Rod

Verstappen menilai kemenangan ini merupakan kinerja yang luar biasa dari tim Red Bull Racing

Sergio Perez juga bukan tanpa upaya untuk mengejar Carlos Sainz, ia harus menguras kemampuan mobilnya untuk bisa mengejar Sainz. Kinerja mesin Honda rancangan HRC dengan pelumas mesin Mobil 1, sanggup memaksimalkan kinerja mesin V6 Hybrid Turbo 1.600 cc untuk meraih kemenangan dan menjadi yang tercepat.

Adinegara berharap Red Bull Racing akan meraih kemenangan juga di Spanyol pada 22 Mei mendatang. "Verstappen naik podium menunjukan performa RB18 dengan mesin Honda. Apalagi pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil 1 dan Mobil Super yang tersedia di bengkel-bengkel kesayangan Anda," tutup Adinegara.

Dengan kemenangan ini, Verstappen mengumpulkan 85 poin diposisi kedua. Terpaut 19 poin dari pemegang puncak klasemen pembalap F1 2022 yakni Charles Leclerc yang mengumpulkan 104 poin. Sementara, Sergio Perez sebagai rekan setim Verstappen, berada di posisi tiga dengan 66 poin. Begitu juga di klasemen tim, Red Bull Racing telah mengantongi 151 poin di posisi dua, terpaut 6 poin dari pemuncak klasemen, Scuderia Ferrari.