POPULAR STORIES

Max Verstappen Terpaut 19 Poin Dengan Charles Leclerc, F1 Spanyol Bakal Jadi Balapan Sengit

Max Verstappen Terpaut 19 Poin dengan Charles Leclerc, F1 Spanyol Bakal jadi Balapan Sengit Dok : Red Bull Content / F1

KabarOto.com – Max Verstappen (Red Bull Racing) tampil apik di Sirkuit Miami International Autodrome, Amerika Serikat pada Minggu kemarin (08/05). Start dari posisi ketiga, pembalap Belanda itu berhasil naik ke posisi kedua di tikungan pertama. Lalu dominasinya terlihat sejak lap kesembilan hingga akhir balapan.

Verstappen berhasil mengumpulkan 26 poin setelah meraih pole position dan lap tercepat. Hasil itu membuatnya bertengger di posisi kedua klasemen, dengan 85 poin. Mendekati poin Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) di puncak klasemen yang mengantongi 105 poin.

“Ban medium itu membuat balapan kami sedikit lebih sulit sejak saat itu dan seterusnya. Di lapangan kami sangat kompetitif dan menjelang akhir, saya pikir saya bisa mendapatkan Verstappen pada satu titik. Hari ini mereka (Red Bull Racing) memiliki keunggulan dalam hal kecepatan. Tapi itu menyenangkan, dan sungguh menakjubkan melihat begitu banyak orang lagi, begitu banyak penggemar Ferrari di tribun,” ujar Leclerc.

Baca juga: Hasil F1 Miami 2022: Max Verstappen Tekuk 2 Pembalap Ferrari

Sergio Perez (Red Bull Racing) juga tampil kompetitif kemarin walau hanya finis keempat, namun cukup membuat pembalap Meksiko itu berada di posisi ketiga klasemen dengan 66 poin.

Di belakangnya ada George Russell (Mercedes-AMG Petronas) diurutan keempat klasemen mengantongi 59 poin setelah finis kelima. Lalu Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) mulai mengejar ketertinggalan usai berhasil podium di Miami, sehingga poinnya sekarang adalah 53 poin.

Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) yang harus puas finis keenam, harus menerima dirinya berada di urutan enam klasemen pembalap mengantongi 36 poin. Berbeda satu poin di bawahnya, ada Lando Norris (McLaren) yang gagal finis setelah insiden bersenggolan dengan Pierre Gasly (AlphaTauri).

Valtteri Bottas (Alfa Romeo) juga tampil konsisten, walau ia harus kehilangan posisi setelah kesalahannya ditikungan dimanfaatkan oleh Russell. Berada di urutan kedelapan, pembalap Finlandia mengumpulkan total 30 poin.

Baca juga: AlphaTauri Dan Williams Pamer Mobil Berkelir Grafitti Kolaborasi Dengan Seniman

Penampilan Esteban Ocon (Alpine) mungkin patut diapresiasi, memulai balapan dari posisi bontot, pembalap Prancis itu merangkak naik dan finis kedelapan. Serta memantapkan posisi kesembilannya di klasemen pembalap dengan 24 poin

Sementara Kevin Magnussen (Haas) tetap mempertahankan 10 besar klasemen dengan 15 poin, walau ia tidak berhasil finis di balapan kemarin.

Persaingan Verstappen dengan Leclerc makin sengit, rupanya tim Red Bull Racing andal dalam melakukan set-up mesin, plus aerodinamik RB18 seperti sudah menemui jalan keluar dari porpoising. Artinya balapan di Spanyol pada 22 Mei mendatang wajib di menangkan oleh Verstappen, untuk memangkas jarak poin dengan penguasa klasemen yakni Charles Leclerc.

Klasemen Pembalap Usai F1 Miami 2022 :