POPULAR STORIES

Mayoritas Pembeli Daihatsu Ayla Ambil Langkah Kredit, Ini Alasannya

Mayoritas Pembeli Daihatsu Ayla Ambil Langkah Kredit, Ini Alasannya Penjualan Ayla didominasi kredit 80% (KiplI)

KabarOto.com - Astra Daihatsu Motor (ADM) telah meluncurkan Ayla teranyar beberapa waktu lalu. Ada beberapa tipe yang dijual oleh ADM untuk pasar Indonesia, menyesuaikan tipe, harganya pun beragam.

Daihatsu secara total memiliki sembilan varian All New Ayla yaitu 1.0 M MT di harga Rp 134 juta, 1.0 X MT Rp 146,9 juta (1.0 X MT), 1.0 X CVT Rp166,9 juta, 1.2 RMT Rp 164 juta, 1.2 R CVT Rp 184 juta, 1.2 R ADS MT Rp 169,9 juta, 1.2 R ADS CVT Rp 189,9 juta, 1.0 X ADS MT Rp 152,8 juta dan 1.0 X ADS CVT Rp 172,8 juta.

Ternyata menurut penuturan pihak ADM, pembelian mobil lewat lembaga pembiayaan atau secara kredit masih menjadi pilihan mayoritas masyarakat untuk pembelian Ayla anyar tersebut.

Baca Juga: Daihatsu Catatkan Kenaikan Penjualan 6,2%

Menyasar segmen first car buyer, sekitar 80% pembeli Daihatsu Ayla ternyata mengandalkan perusahaan pembiayaan. Artinya hanya 20% saja yang beli secara cash atau tunai.

"80% dari yang memesan All New Ayla, memang masih banyak didominasi konsumen yang kredit. Karena peminat untuk first car buyer itu memang sangat banyak sekali," kata Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu.

Menurutnya, pembeli Ayla baru itu mayoritas merupakan pengendara transisi dari roda dua, yang ingin naik tingkat membawa keluarga kecilnya memiliki roda empat yang terjangkau.

Baca Juga: Ini Alasan All New Daihatsu Ayla Menggunakan Mesin 3 Silinder

Pihak Daihatsu belum bersedia membuka catatan Surat Pemesan Kendaraan (SPK) untuk Ayla yang model terbarunya baru saja diluncurkan pada awal Maret 2023 lalu. Pasalnya beberapa SPK saat ini masih dalam proses pengecekan di pihak leasing.

"Mereka harus dicek dulu sama pihak leasing, ada yang diterima dan juga ada yang ditolak, jadi memang tidak sembarang pilih," ucap Hendrayadi.

Pihak Daihatsu meyakini penjualan Ayla akan baik dan bisa mendongkrak total penjualan Daihatsu di tahun ini. Apalagi ada banyak pembaruan yang dihadirkan Ayla terbaru dari sisi desain hingga teknologi dibandingkan generasi sebelumnya.