POPULAR STORIES

Mazda 6 ETLE Mobile Milik Dirlantas Polda Metro Jaya, Mumpuni Tangkap Pelanggar Lalin

Mazda 6 ETLE Mobile Milik Dirlantas Polda Metro Jaya, Mumpuni Tangkap Pelanggar Lalin Mazda6 yang digunakan Kepolisian untuk operasional ETLE (Foto-foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Mazda 6 ETLE Mobile menjadi salah satu mobil yang digunakan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, untuk menjalankan kebijakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik. Dilengkapi kamera canggih, sedan ini mumpuni untuk menangkap pelanggar lalin.

Secara keseluruhan, tidak ada ubahan signifikan dari segi performa hingga fitur yang digunakan. Hanya saja, sedan ini menggunakan livery khusus kepolisian, dibalur warna putih dipadu biru.

Kamera ETLE pada Mazda6

Terdapat kamera elektronik di atas mobil, menempel dengan sirine, yang akan merekam pelanggar lalu lintas di depan dan belakang. Ada 4 kamera, dua menghadap depan dua lagi menghadap belakang.

Kamera ini diklaim aman saat hujan, tapi tidak direkomendasikan terkena semprotan air dari bagian bawahnya, karena terdapat sistem elektronik.

Baca juga : Mazda 6 20th Anniversary Edition Meluncur, Hadir Dengan Warna Spesial

Dari sisi interior juga tidak ada ubahan. Namun, ada tambahan layar monitor terdapat di dasbor depan, fungsinya untuk mengoperasikan kamera ETLE. Kamera yang digunakan ini, dapat menangkap objek dengan baik, siang maupun malam, menjangkau hingga jarak 25 meter.

Monitor tambahan untuk pengoperasian ETLE

Mazda6 memiliki ukuran 4865mm x 1840mm x 1450mm, cukup besar namun elegan. Berkonsep desain “Kodo : Soul of Motion” yang selama ini sangat identik dengan mobil-mobil buatan Mazda.

Baca juga : Ketika Mazda MX-5 Disulap Jadi Mobil Klasik

Di sektor kemudi, hadir panel-panel yang lengkap, sangat pengemudi mengendalikan mobil ini, di antaranya Gauge Illumination Dimming Control dan Trip Computer.

Selain itu ada juga layar LCD touchscreen 7 inci, meliputi Lane Departure Warning System, Mazda Radar Cruise Control, dan juga High Beam Control System.

Kamera ETLE posisinya di bawah sirine

Mazda 6 dibekali mesin Skyactiv-G, berkonfigurasi 4 silinder, DOHC dengan kapasitas 2.500 cc, mampu menghasilkan tenaga 184 dk dan torsi 250 Nm.

Mesin tersebut dipadu dengan transmisi otomatis 6 percepatan, menggunakan teknologi teknologi Electronical Controlled Direct Injection, diklaim mampu memberikan tenaga maksimal, namun tetap irit bahan bakar.