Mazda Akan Hidupkan Kembali Mesin 6 Silinder Segaris

Mazda Akan Hidupkan Kembali Mesin 6 Silinder Segaris

KabarOto.com – Kejutan datang dari Mazda, pabrikan mobil asal Jepang tersebut akan membangkitkan kembali mesin 6 silinder segaris. Dan akan memulai debutnya pada 2022 mendatang.

Dahulu, msein 6 silinder segaris sangat terkenal dalam hal performa. Mesin legendaris seperti 2JZ-TE milik Toyota dan RB26DET milik Nissan sangat terkenal soal performa yang dihasilkan.

Meskipun memiliki performa yang luar biasa, mesin 6 silinder segaris punya dimensi yang memanjang sehingga menyita ruang mesin, butuh ruang yang cukup panjang. Jika dibandingkan dengan mesin V8, dimensi mesin 6 silinder masih lebih panjang.

Oleh sebab itu, konfigurasi mesin ini mulai ditinggalkan, karena alasan mesin ini tidak cukup baik untuk digunakan sebagai mesin transversal alias melintang.

Baca Juga : Pertama Di Jakarta, Lintasan Permanen Untuk Pencinta Motocross

Sebelumnya, kabar bangkitnya mesin 6 silinder segaris sudah mulai terdengar sejak Mei 2019 lalu. Kabarnya, Mazda punya banyak rencana untuk mesin ini, mulai dari mesin bensin, diesel ataupun Skyactiv-X.

Sumber lain menyebutkan, kalau mesin ini akan dipasang secara longitudional dan digabungkan dengan sistem penggerak semua roda atau penggerak belakang. Bahkan, Mazda berencana untuk menawarkan inline-six in plug-in hybrid dan 48-volt mild-hybrid.

Meskipun, belum ada konfirmasi lebih lanjut tentang model apa yang akan menggunakan mesin 6 silinder segaris untuk pertama kali. Namun, beberapa kabar mengatakan bahwa Mazda6 yang pertama kali menggunakannya. Dan menjadi sedan penggerak roda belakang.