McLaren F1 Edisi Khusus Ini Dilelang Dengan Harga Fantastis  

McLaren F1 Edisi Khusus Ini Dilelang dengan Harga Fantastis   Foto: TopGear

KabarOto.com – Waktu muncul pertama kali, McLaren F1 tampil out of the box berkat konfigurasi interiornya. Jok pengemudi terletak di tengah, diapit jok penumpang di sisi kiri dan kanannya. Namun tak hanya jok yang membuatnya terkenal, performa tinggi ditambah desain bodi yang aerodinamis, plus produksi terbatas, membuatnya jadi sportcar langka.

Belum lama, rumah lelang RM Sotheby’s berhasil mendapat kesempatan untuk melelang sebuah McLaren F1 superlangka. Mobil ini adalah McLaren F1 LM keluaran 1994, LM sendiri adalah singkatan dari Le Mans. Jadi ini sudah menggunakan spesifikasi mobil balap Le Mans.

Baca juga: Ketika McLaren 600LT Di-Tuning Lebih Kencang

Sebenarnya, unit ini awalnya adalah sebuah McLaren F1 biasa. Namun sudah di-upgrade menjadi McLaren F1 LM. Seperti yang dilansir dari TheDrive, mobil ini adalah salah satu dari dua McLaren F1 yang menerima upgrade Spesifikasi-LM. Ubahan ini juga penghormatan terhadap mobil balap F1 GTR, yang memenangkan balapan Le Mans.

Salah satu paket upgrade yang dilakukan adalah kit aerodinamika. Kit ini terletak pada beberapa bagian bodi, seperti di depan, ada sebuah saluran udara yang terletak di atas roda. Untuk bagian samping, terdapat sepasang side skirt aerodinamis. Sementara di bagian belakang adalah bagian yang paling mencolok, berkat rear wing berukuran besar.

Sumber tenaganya, McLaren F1 menggandeng BMW. Sektor ini merupakan bagian dari paket upgrade yang paling spesial. Limiter tak lagi diaktifkan, sehingga dapat mengeluarkan performa maksimalnya. Dilansir dari TheDrive, mesin BMW V12 berkapasitas 6.100 cc meningkatkan tenaganya hingga 680 dk dan menaikkan redlinenya ke 8.500 rpm.

Ternyata, bukan hanya upgrade spesifikasi Le Mans saja yang dilakukan. Dilansir dari topgear, seiring dengan upgrade LM, mantan pemilik mobilnya mengirim kembali McLaren F1 ini ke markas McLaren di Inggris pada tahun 2000.

Tujuannya ganti lampu depan, suspensi yang dapat disesuaikan, radio, pelek 18 inci, pengecatan bodi dan trim ulang interior. Makanya, tampilannya kini jauh lebih menarik, berkat renovasi yang dikerjakan langsung oleh McLaren.

Alhasil, harganya pun melonjak. Terlebih, McLaren F1 ini baru menempuh jarak sejauh 13.352 miles atau 21.487 kilometer saja. Mobil langka, dengan jarak tempuh yang rendah membuat harganya melambung tinggi.

McLaren F1 ini dibanderol dengan harga USD 19 Juta. Jika dikonversikan jadi sekitar Rp 268 Miliar. Mobil ini juga telah laku terjual dalam lelang yang diadakan RM Sotheby’s. Memang mobil langka, sudah mahal pun tetap ada peminatnya. (Gregorius Nikolaus.P)