Ketika McLaren 600LT Di-Tuning Lebih Kencang  

Ketika McLaren 600LT Di-Tuning Lebih Kencang   Foto: Novitec Group

KabarOto.com – Ketika tahun lalu McLaren 600LT rilis, supercar ini didesain untuk fokus di trek. Oleh karena itu, McLaren menggarap mobilnya untuk sebisa mungkin mencapai performa tertinggi dari sebuah supercar.

Meskipun sudah memiliki mesin yang tangguh yaitu berkonfigurasi V8, 3.800 cc twin turbo. Ada yang masih belum puas dengan performa McLaren 600LT ini. Sehingga dibuatlah versi McLaren 600LT yang sudah di-tuning, untuk menggapai performa yang lebih tinggi.

Sebuah bengkel tuning asal Jerman yaitu Novitec Group, menggarap McLaren 600LT standar agar bisa lebih kencang. Kalau versi standar menghasilkan tenaga 600 dk. Setelah sampai ke bengkel Novitec, maka tenaganya melonjak, kini jadi 688 dk @ 7.450 rpm dengan torsi maksimal 712 Nm @ 6.250 rpm.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Pamer Mobil McLaren Senna Baru

Tenaga tambahan 88 dk tersebut didapat dari paket Performance Stage 2. Komponen utamanya adalah manajemen mesin Novitec N-Tronic. Ini adalah perangkat yang dikendalikan prosesor untuk dihubungkan ke engine management asli. Semacam ECU tambahan untuk mengatur kinerja mesin.

Selain ECU tambahan tersebut, ada pula sistem knalpot high performance, sudah berstandar balap dan berbahan stainless steel. Performance stage tersebut juga mencakup pergantian pipa catalyst dan modul Novitec Tectronic.

Berbicara tentang supercar juga kurang pas jika tidak membahas desainnya. McLaren yang telah di-tuning oleh Novitec ini tidak banyak berubah dari McLaren 600LT standar. Bagian depan masih dengan lampu depan khas McLaren. Bumper juga tampak splitter berukuran cukup besar, dan ditujukan aerodinamika.

Baca juga: Profil - Rolls-Royce Cullinan

Bagian kap depan juga mengadopsi desain aerodinamika. Dengan kehadiran lubang aerodinamis di kap, menggunakan bahan carbon. Novitec juga mengklaim bahwa part karbon tersebut telah diuji di wind tunnel.

Lihat samping, streamline dari mobil ini juga ditujukan urusan aerodinamika. Dimana ada air intake di depan ban belakang. Side skirt dengan ukuran yang cukup besar juga hadir di supercar ini.

Menuju bagian belakang, terletak jantung pacu dari supercar ini. Perubahan perubahan yang dilakukan Novitec juga ada. Sebut saja penambahan air intake, yang bertujuan memaksimalkan aliran angin ke mesin. Serta knalpot yang menambah performa mesin V8 twin turbo supercar asal Inggris ini. Ubahan ini juga mengubah bentuk ujung muffler standar.

Masuk ke kabin McLaren 600LT, tidak terlalu banyak berubah di interior. Perbedaan paling terlihat adalah penambahan harness pada bucket seat.

Bagaimana pemilik McLaren 600LT, tertarik untuk menggunakan Performance Stage 2 dari Novitec? (Nikolaus)