POPULAR STORIES

Melaju Lebih Jauh VW ID. Buzz Pakai Solar Panel Dari ABT

Melaju Lebih Jauh VW ID. Buzz Pakai Solar Panel Dari ABT Foto : ABT.

KabarOto.com - Divisi ABT e-Line perusahaan tuning asal Jerman untuk kendaraan listrik, menciptakan semacam panel surya yang dirancang bagi mobil listrik berbasis long wheel base seperti Volkswagen ID. Buzz.

ABT mengatakan pelanggan dapat mengisi tegangan hingga 600 Watt. Perkiraan yang dihasilkan oleh panel surya atap ini harusnya cukup untuk jangkauan hingga 3.000 km per tahun tanpa perlu koneksi jaringan listrik.

Baca juga: Volkswagen ID.4 Kena Recall Potensi Terbakar

Namun jika panel surya di tempatkan di samping juga diproduksi, angka ini akan meningkat hingga 1.000 Watt, dan jangkauan ekstra lebih dari 3.218 km per tahun.

Panel surya ABT e-Line menawarkan keuntungan lebih, matahari yang tidak ada habisnya dapat digunakan untuk menyalakan konsumsi listrik lainnya seperti benda lain misalnya lemari es, hingga lampu penerangan interior.

Baca juga: Mercedes-AMG One Jadi Mobil Produksi Tercepat Di Monza

Dimulainya produksi seri atap surya baru direncanakan pada awal 2024 melalui ABT Camper XNH, Volkswagen Group Service dan bisa melakukan konversi di dekat pabrik. Rencana itu menghemat proses logistik panjang untuk kepentingan keberlanjutan.

"Kendaraan BEV dan PHEV, dengan unit penyimpanan traksinya, juga merupakan platform yang sempurna untuk menggunakan energi surya sebagai tenaga penggerak," jelas Eric Plekkepoel, CEO ABT e-Line GmbH.