Melihat AMMDes Lebih Dekat, Mobil Pedesaan Buatan Lokal

Melihat AMMDes Lebih Dekat, Mobil Pedesaan Buatan Lokal Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

KabarOto.com - Dari sekian banyak produk mobil yang ada di GIIAS 2018, Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) merupakan salah satu produk yang mencuri pengunjung GIIAS 2018.

Umumnya, mereka terpana dengan kendaraan asli buatan Indonesia ini. Ada 183 jenis komponen atau setara 68% dari nilai total pengembangan AMMDes adalah komponen lokal.

AMDEss untuk transportasi dan memobilisasi hasil pertanian dari desa ke kota

Menteri Perindustrian saat pembukaan GIIAS 2018 menyampaikan, program Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) ini untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan produktifitas masyarakat pedesaan.

Dibekali kaki-kaki dengan suspensi double arm pada bagian depan dan trailing arm pada belakang.

Baca Juga: Ammdes Buatan Lokal Tampil Di IIMS 2018, Jokowi Ingin Segera Di Produksi

AMMDes dirancang dengan 2 fungsi, yaitu untuk transportasi dan memobilisasi hasil pertanian dari desa ke kota, serta sebagai alat produksi dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan.

Dengan fungsi multiguna tersebut, AMMDes sangat ideal digunakan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat di pedesaan. Selain itu juga untuk konektivitas antara pusat ekonomi di kota dan pusat penghasil kebutuhan pokok di desa.

Dengan mesin 500 cc bertenaga 11dk dan 15 dk yang disalurkan ke penggerak roda belakang

AMMDes hadir dengan mesin 500 cc bertenaga 11 dk dan 15 dk, yang disalurkan ke penggerak roda belakang dan dibekali differential lock system.

Untuk mesin bertenaga 11 dk diperuntukan bagi pertanian karena kondisinya datar. Sementara AMMDes 15 dk digunakan untuk lahan perkebunan yang naik turun.

AMMDes memiliki dimensi panjang 358 cm, lebar 137 cm, dan tinggi 190 cm. Kapasitasnya hanya mampu menampung 2 orang di ruang kemudi.

Kapasitas AMDes hanya mampu menampung dua orang di ruang kemudi.

AMMDes dibekali kaki-kaki dengan suspensi double arm pada bagian depan dan trailing arm pada belakang. AMDes sudah mengadopsi 4 piringan cakram dan dilengkapi dengan bun mud terrain (MT) berukuran 185/80 R13.

AMMDes memiliki daya angkut sebesar 700 kg, dan bagian belakangnya dapat beralih fungsi sebagai mobil pengangkut penumpang, genset, penggiling padi, pompa air, dan pemutih beras. Menyesuaikan kebutuhan petani atau keinginan pembelinya.

Bagian belakang AMDess dapat beralh fungsi.

AMMDes diproduksi di kawasan Cikarang, Jawa Barat dan dibanderol dengan harga Rp 70 jutaan. PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (PT KMWI) telah berhasil menyelesaikan produk AMMDes ini dan siap dipesan.

Berita Terkait

Berita Terkait