Melihat Perodua Axia Kembaran Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla

Melihat Perodua Axia Kembaran Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

KabarOto.com – Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memang jadi salah satu line up paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Dimensinya kecil, praktis, irit bahan bakar dan harga terjangkau jadi faktor utama mobil ini begitu laku.

Namun apakah kalian tahu, bahwa mobil ini ternyata memiliki kembaran dari negeri seberang? Mereknya adalah Perodua Axia. Lalu apa sih perbedaannya dengan Agya atau Ayla? KabarOto akan mengulasnya.

Tampilan tipe SE.

Pertama tentunya pada eksterior, sisi depan ada bumper yang modelnya lebih sporty, lekukannya lebih agresif lengkap dengan gril dengan garnis krom, serta foglamp LED. Oh iya, ada versi ala crossover-nya juga loh sob, dibekali desain berbeda lebih kekar dan memiliki tambahan underguard berwarna silver. Sektor penerangan, lampu utama bentuknya sedikit dibedakan saudaranya di Indonesia, walau sama-sama sudah didukung lampu LED projector.

Untuk bagian samping tidak ada ubahan lekukan apapun. Hanya saja aksesori tetap dibedakan, misalnya saja spion Axia sudah bisa retrac, lalu model side skit, kalau tipe Style terdapat penambahan over fender. Lalu desain pelek, untuk tipe kecuali Style mendapat ukuran 14 inci finishing silver, sementara Style mendapat ukuran 15 inci model palang 5 dual tone.

Varian Adavance (AV) tertinggi.

Perbedaan lain ada pada bentuk stoplamp, lampu sein dan mundurnya berada di tengah-tengah lampu rem. Namun untuk varian Style warnanya dibuat menggunakan mika bening warna batok silver. Lalu bentuk bumper juga lebih sporty, memiliki cover ala saluran udara dan diffuser, sementara Style dibedakan karena punya aksen mata kucing serta underguard silver senada depan.

Jantung pacu didukung mesin 3 silinder berkapaitas 1.000 cc. Mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 dk dan torsi 91 Nm, tidak ada varian bermesin 1.200 cc seperti Agya di Indonesia. Lantas tenaga tersebut disalurkan oleh 2 pilihan transmisi yakni 5 percepatan manual, dan 4 percepatan otomatis ke roda depan.

Masuk ke interiornya, mungkin para pemilik Agya dan Ayla di Indonesia akan merasa kecewa terlebih dulu nih, karena ternyata fitur yang ditawarkan lebih lengkap loh sob. Misalnya saja pada pengaturan AC, terdapat 3 arah semburan serta fitur pemanas. Lalu untuk varian tertinggi headunit sudah support mirroring koneksi ke smartphone, lalu mulai dari varian GXtra sampai AV jok sudah dilengkapi high adjuster, dan belakang ISOFIX loh.

Fitur lainnya? Banyak sob, start stop engine button sudah ada dari varian SE, lalu sensor parkir depan ada pada varian SE dan AV saja, sensor parkir mundur, kamera mundur untuk tipe AV, rem ABS EBD, bahkan VSC dan Traction Control juga tidak lupa disematkan loh. masih kurang? Ada fitur A.S.A (Advance Safety Assist 2.0 yang membantu sistem pengereman lewat sensor yang ada di bagian spion dalam mobil. Benar-benar lengkap kan sob fiturnya.

Ada 6 varian Perodua Axia ini, mulai paling rendah yaitu E, G, GXtra, SE, Style, dan Advance (AV). Harganya sendiri jika di konversi ke nilai mata uang Indonesia, mulai dari Rp 81,2 hingga Rp 145,6 juta untuk tipe paling tinggi.