POPULAR STORIES

Memanaskan Motor Sebelum Tancap Gas, Penting Lo!

Memanaskan Motor Sebelum Tancap Gas, Penting Lo! Oli merupakan darah bagi kendaraan bermotor.(motorcycle-superstore)

KabarOto.com - Memanaskan kendaraan, termasuk motor maupun mobil, wajib dilakukan sebelum digunakan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya aus komponen-komponen yang bergesekan seperti ring piston dengan dinding silinder maupun komponen lainnya.

Selain itu, pemanasan juga perlu dilakukan untuk mendapatkan pembakaran sempurna. Sebelum mesin dinyalakan, bahan bakar dan udara yang masih berada di tempat masing-masing, perlu waktu memproses pencampuran udara dengan bensin.

(Baca Juga: Tips Membersihkan Noda dan Kerak Pada Blok Mesin Motor)

Menurut para ahli mesin, campuran yang pas antara bahan bakar dengan udara berbanding 1:14,7 atau setiap 1 liter bensin ideal harus bercampur 11.500 liter udara.

Karena itu, pemanasan wajib dilakukan. Semakin lama mesin mati, oli yang membaluri komponen-komponen mesin semakin menipis karena oli turun ke tempat penyimpanan. Akibatnya, komponen kurang terpelumasi.

Karena itulah, mesin perlu dipanaskan sebelum dipakai. Tujuannya agar memberi kesempatan kepada oli melumasi bagian-bagian penting dalam mesin, termasuk gear, piston dan sebagainya.

Bila tidak mendapat pelumas cukup karena minim pemanasan, bisa mengakibatkan ring piston patah. Karena itu, jangan abaikan pemanasan setidaknya 2-3 menit.